MotoGP 2023 Jerman: Meski Kondisinya Belum 100 Persen Fit, Status Marc Marquez Tetap King of Sachenring!

Jum'at, 16/06/2023 01:38 WIB

mobilinanews (Jerman) - Adakah yang bisa mengakhiri 'kerajaan' Marc Marquez di Sirkuit Sachsenring, GP Jerman, pada akhir pekan ini? 

Itu pertanyaan menggelitik. Pasalnya Marquez adalah rider paling berjaya di Sachsenring, sirkuit anticlockwise yang 10 tikungannya ke kiri dan hanya 3 belok kanan.

Sejak main di MotoGP 2013, Marquez selalu juara di sana dalam 8 kali pertandingan. Hanya musim 2020 dan 2022 yang terlewat, bukan karena kalah tapi lantaran ia tak ikut mengaspal akibat cedera.

Artinya dalam 11 penampilan terakhirnya di Sachsenring, termasuk 3 di kelas 125 CC dan Moto2, semua status P1 diborong pembalap Spanyol itu. Karena itu Marquez berjuluk King of Sachsenring.

Apakah dominasinya akan berakhir pekan ini? 

Pertanyaan yang layak muncul mengingat performa Marquez yang sangat buruk sepanjang musim 2023 ini. Ia lagi loyo di atas Honda RC213V meski secara fisik sudah pulih sepenuhnya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut memang tak mudah. Tapi, khusus untuk Sachsenring, separtinya tak boleh mengabaikan juara dunia MotoGP 6 kali itu. Ia selalu jadi raja di sana meski berulangkali coba dikudeta pembalap lain.

Kemenangan paling emosional terjadi pada musim 2021. Ia menang setelah 18 bulan menghabiskan waktu untuk rehabilitasi akibat kecelakaan fatal di GP Spanyol 2020.

Saat itu Marquez jelas dalam kondisi tidak ideal, baik fisik maupun performa RC213. Mengacu pada hal itu maka Sachsenring tahun ini tetap bisa jadi milik Marquez. I

a pegang semua rahasia untuk  menaklukkan trek anticlockwise atau berlawanan dengan arah jarum jam itu. MM93 pun mengakui ia lebih piawai melibas tikungan kiri dibandingkan kanan.

Marquez sendiri tak berani pancang target ke Sachsenring yang berlangsung 16-18 Juni 2023 ini. Tak lain karena perilaku motornya yang belum sepenuhnya sesuai dengan riding style-nya.

"Kami tiba di Sachsenring, trek yang selalu saya nikmati dan sangat sukses. Tentu saja saya  ingin melakukannya lagi dengan baik. Fokus dan determinasi saya 100% seperti biasanya," ucap Marquez.

Marquez paham kalau itu sangat tak mudah. Ia tak lagi sedang berjaya dan acap jatuh bersama motornya. 

"Tahun ini sangat banyak penantang. Saya dan Honda harus kerja keras sejak sesi latihan untuk mempersiapkan sesi Sabtu (kualifikasi dan sprint race) dan Minggu (main race)."

Ya, penantang yang dimaksud bukan lagi hanya joki pabrikan Ducati seperti di masa lalu, kini KTM dan Aprilia plus para pembalap satelit  juga sudah menebar ancaman.

"Ketika Anda mengalami akhir pekan yang sulit maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah secepatnya kembali balapan lagi. Itu yang tengah kami lakukan," imbuh Marquez yang sepulang dari GP Italia Monggu lalu langsung bersiap ke GP Jerman pekan ini. (rn)

 

 

 

 

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki