Test Drive : Maksimalkan Performa Toyota All-New Yaris Cross Hybrid EV ke Kawasan Gunung Bromo yang Penuh Tantangan

Selasa, 04/07/2023 14:08 WIB

mobilinanews (Malang) — Dengan semangat Mobility for All, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan All-New Yaris Cross sebagai Full Hybrid EV pertama di segmen Medium SUV.

Kendaraan anyar ini diharapkan dapat mempertahankan dominasi Toyota di pasar SUV Tanah Air dengan pilihan model yang semakin lengkap dan diperkuat harga yang affordable untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

All-New Yaris Cross diposisikan sebagai Urban SUV yang nyaman dan fungsional dan seketika menjadi sahabat yang menyenangkan saat bertualang, dengan tetap mempertahankan daya tarik utamanya sebagai Hybrid EV yaitu fuel efficiency tinggi dan ramah lingkungan.

Untuk membuktikan keandalan SUV modern dengan style adventure gagah ini, PT TAM mengadakan event Journalist Test Drive All-New Yaris Cross yang mengajak sekitar 40 jurnalis nasional untuk bertualang bersama All-New Yaris Cross Hybrid EV (HEV) dalam perjalanan penuh tantangan antara kota Surabaya – Bromo – Batu – Malang - Surabaya, Senin – Rabu (3-5/7/2023).

Perjalanan dibagi dalam tiga etape, yakni hari pertama dari Surabaya ke Gunung Bromo dan finish di Batu, hari kedua dari Malang ke Surabaya via tol, dan hari ketiga bermobilitas di dalam kota Surabaya.

"Toyota menghadirkan All-New Yaris Cross sebagai full Hybrid EV karya anak bangsa pertama di B-segment untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin kompleks," kata Henry Tanoto, Vice President Ddirector PT Toyota Astra Motor.

Kendaraan ultra low emission ini tidak hanya andal di jalan perkotaan dengan stop and go yang tinggi, tetapi juga mumpuni di rute antar kota yang memiliki medan jalan beragam dan lalu lintas dinamis, disertai obstacle yang sering tidak terduga.

"Untuk mencobanya sendiri, kami mengajak beberapa jurnalis nasional untuk bertualang bersama All-New Yaris Cross menuju kawasan Gunung Bromo yang penuh lika-liku sehingga memperlihatkan sisi tangguh dari urban cruiser ini,” tambah Henry Tanoto. (budsan)

 

Nama Yaris disematkan terkait popularitas produk Toyota tersebut secara global yang langsung mengingatkan kepada sporty car yang cocok bagi pelanggan berjiwa muda.

Yaris juga dikenal sebagai produk yang kaya inovasi teknologi dan menjadi pioneer di segmen compact car.

Keandalan Yaris dibuktikan dari akumulasi penjualannya yang melampaui 10 juta unit secara global sejak mulai dipasarkan seperempat abad lalu, sehingga menempatkan Yaris bersama nama besar lain seperti Corolla.

Penggunaan nama Cross diadaptasi dari kata Crossover, sebagai visual sebuah kendaraan multitalenta untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan lifestyle pelanggan yang aktif dan dinamis.

Start dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, rombongan 10 unit All-New Yaris Cross 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package membawa para jurnalis dalam perjalanan sejauh sekitar 55 km menuju kawasan wisata alam nan eksotis Gunung Bromo, Jawa Timur.

Membawa 4 jurnalis dalam 1 kendaraan, SUV ini mendapatkan pengujian sesungguhnya di jalan raya sesuai visi Roads Build People and People Build Cars untuk menghadirkan ever-better cars.

Setelah itu, para peserta akan beristirahat di Kota Batu yang berarti perjalanan menempuh jarak total sekitar 220 km.

Designer Toyota telah mengembangkan ruang interior yang luas untuk menawarkan tempat duduk yang nyaman serta kemampuan memuat penumpang dan barang yang fungsional sebagai karakter khas mobilitas perkotaan.

Alhasil, seluruh penumpang dapat duduk nyaman tanpa perlu berdesakan, serta barang bawaan disimpan di bagasi, 458 L dan terbesar di kelasnya, yang tidak kalah lega dan ruang penyimpanan lain di dalam kabin.

Cukup dengan memakai fitur Power Back Door with Kick Sensor, maka pintu bagasi dapat dibuka tanpa sentuhan tangan.

Fasilitas wireless charger dan konektor USB-B & USB-C lengkap memastikan mereka tetap dapat mengakses smartphone untuk keperluan liputan berita.

Posisi duduk sopir yang pas didapatkan dari Electric Seat Adjuster dan Telescopic Steering Column.

Kokpit driver-oriented dengan jok semi-bucket berlapis kulit sintetis dengan teknologi Quole Modure yang dapat menghalau panas berlebih memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan saat melaju melalui jalan pegunungan yang naik-turun dan berliku.

Peta digital dari smartphone yang terhubung secara wireless lewat sistem Android Auto/Apple Carplay dengan head unit 10.1 inch memberikan dukungan berkendara, sementara panel instrumen TFT 7 inch memudahkan pemantauan indikator kendaraan.

Pengemudi juga dapat mengetahui bagaimana hybrid system bekerja pada layar besar yang informatif disertai pandangan luas ke depan tanpa intrusi dari dashboard soft touch yang berkelas.

All-New Yaris Cross Hybrid EV semakin fun to drive berkat adanya hybrid engine 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 141 Nm dengan teknologi Atkinson Cycle, yang berkolaborasi dengan motor listrik bertenaga 59 kW dan torsi 121 Nm. Test driver tidak perlu bingung memikirkan mekanisme kerjanya karena sudah dikendalikan secara otomatis oleh Toyota Hybrid System (THS) yang canggih. Pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak dan bertenaga, menghasilkan linier performance pada motor listrik yang semakin kuat dan intuitif, namun lebih hemat bensin, hening, dan zero emission ketika beroperasi,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Begitu menemui jalan menanjak, test driver cukup menekan pedal gas lebih dalam dan kedua pembangkit dayanya akan berkolaborasi untuk memberikan tenaga dan torsi gabungan yang besar.

Cukup arahkan tuas persneling ke D, transmisi CVT dengan teknologi Split Gear nan pintar akan memastikan distribusi tenaga mesin yang sesuai kebutuhan pengemudi ke roda depan bersama dengan motor listrik yang powerful.

Kelincahannya begitu terasa ketika melewati rute mendaki yang variatif dan membutuhkan penyaluran tenaga yang akurat dan instan.

Sama ketika menyalip kendaraan lain, torsi besar yang tersedia membuat All-New Yaris Cross dapat mendahului dengan mudah, bahkan tidak ada keraguan walaupun muatannya penuh.

Fitur safety Vehicle Stability Control (VSC) menjaga mobil tidak understeer saat menikung cepat, apalagi jalan yang dilalui basah akibat hujan.

Pun waktu harus berhenti dalam posisi mendaki akibat jalan macet, fitur Hill Start Assist (HSA) memastikan pengemudi dapat mulai berjalan tanpa khawatir mobil mundur.

Saat pengereman mendadak karena situasi jalan yang dinamis dan sering tidak terduga, rem ABS+EBD+BA sanggup mereduksi jarak pengereman dan mobil tetap terkendali. Ada 6-airbags untuk memastikan penumpang merasa aman di jalan.

Bodi kompak membuat SUV ini tidak kesulitan saat berpapasan dengan kendaraan lain di jalan menyempit, ditambah ground clearance tinggi 212 mm memastikannya aman saat roda kiri harus turun ke bahu jalan.

Rasa percaya diri pengemudi terjaga berkat dimensinya yang kompak, handling sesuai arahan pengemudi, bobot kemudi pas, dan radius putar 5,2 meter membuatnya lincah saat manuver di tikungan.

Pun waktu melintasi jalan off-road ringan dengan kerikil lepas atau tanah.

Perawakan khas SUV bermodalkan bodi yang tinggi, wheelbase 2.620 mm, overhang depan-belakang sempit dengan approach dan departure angle pas, memposisikan kendaraan ini sebagai penjelajah yang andal.

Melihat pola kerjanya, tidak heran bila fuel efficiency All-New Yaris Cross cukup tinggi meskipun melewati rute yang penuh tantangan.

Torsi ekstra besar dari kombinasi hybrid engine dan motor listrik memberikan akselerasi yang kuat dan responsif, sehingga andal di jalan menanjak.

Kemampuan charging baterai hybrid yang cepat dan efektif, memberikan kesempatan kepada motor listrik untuk bekerja lebih lama.

Tidak hanya efisien sehingga lebih hemat bensin, emisi gas buangnya lebih rendah lantaran aktivitas hybrid engine menurun. Semua didapatkan disertai dengan peningkatan performanya.

 

All-New Yaris Cross dikembangkan dari nol untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Asia, khususnya Indonesia sebagai salah satu emerging market paling besar di dunia. Sehingga, secara tampilan hingga performa dan keandalannya, sangat mendukung mobilitas keluarga millenial di sini. Sebagai sarana mobilitas perkotaan yang serbaguna, Urban SUV ini juga sangat potensial untuk memenuhi kebutuhan adventure pemiliknya. Sejalan pula dengan visi global Toyota dalam mencapai netralitas karbon dan menghadirkan ever-better cars, yang ditingkatkan dengan value for money tinggi dan affordable price,” kata General Manager Marketing Planning & New Business Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), Lina Agustina.

 

 

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan