Suzuki Hayabusa Spesial 25 Tahun untuk Pecinta Motor Sport, Ini Kehebatannya Dibanding Versi Standar

Minggu, 09/07/2023 18:10 WIB

mobilinanews (Jepang) - Ketika Suzuki meluncurkan GSX1300R di Intermot di Jerman pada tahun 1998, hampir tidak dapat diketahui seberapa besar kejutan yang diberikan oleh pabrikan Jepang itu.

Kini, 25 tahun kemudian, perusahaan tersebut telah menjual hampir 300.000 unit motor yang lebih dikenal dengan nama Hayabusa itu.

Untuk merayakan pengaruh Hayabusa di pasar, dimana penjualannya dimulai pada tahun 1999, Suzuki telah meluncurkan versi edisi khusus dari Hayabusa untuk model tahun 2024.

Bodinya dicat dengan kombinasi khusus berwarna Glass Blaze Orange dan Glass Sparkle Black yang menurut Suzuki menjadi salah satu kombinasi warna paling populer untuk motor generasi kedua itu.

Grafik khusus berwarna merah berbentuk V dan logo hitam Hayabusa Kanji juga menghiasi bodywork sehingga i atampak sempurna.

Selain itu, Hayabusa hadir dengan trim penutup mesin hitam mengkilap, membawa rotor rem dan penyetel rantai penggerak memiliki lapisan anodisasi emas, dan penutup mesin satu sebagai perlengkapan standar.

Untuk benar-benar perjalanan motor tersebut, Hayabusa spesial ini juga dilengkapi dengan emblem ulang tahun ke-25 khusus di tangki bahan bakar, yang ditempatkan tepat di antara huruf “Suzuki” yang terangkat. Lebih jauh ke bawah, knalpot masing-masing ditandai dengan logo ulang tahun ke-25 yang sama.

Seperti model lainnya, Hayabusa 2024 menampilkan bodi yang terinspirasi oleh elang peregrine, menggunakan sistem elektronik canggih dengan teknologi ride-by-wire untuk mengendalikan mesin 1.340cc empat silinder, cam ganda-overhead yang perkasa, dan banyak lagi.

Presiden Suzuki, Toshihiro Suzuki mengatakan kebanggaannya karena seri Hayabusa telah menjadi model unggulan yang mewakili Suzuki, dan memiliki penggemar di seluruh dunia.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena model ini dapat merayakan hari jadinya yang ke-25. Saya secara pribadi telah menguji prototipe model generasi ketiga saat ini, dan saya bangga mengatakan bahwa kami, tim Suzuki, dapat mempersembahkan kepada Anda model terbaik hingga saat ini," tukasnya melalui keterangan resminya.

Presiden Suzuki mengugnkapkan Hayabusa tidak akan pernah menghentikan evolusinya, karena ia akan berkemabang seiring perkembangan pecintanya di dunia sepeda motor. "Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk Hayabusa," tukasnya. (erwin)

TERKINI
Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Motor Listrik Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses Denza Z9 GT Versi PHEV Siap Diluncurkan di Pasar Eropa Bulan Ini