Lokal Konten All New Fortuner Bertambah, Apa Saja?

Rabu, 27/01/2016 23:24 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kehadiran All New Toyota Fortuner di awal tahun 2016 membawa angin segar bagi pasar otomotif di Tanah Air. Pasalnya high SUV yang diproduksi di pabrik Karawang ini hadir mengusung lokal konten mencapai 75%.

"Lokal konten Fortuner baru kini sudah mencapai 75%, naik 15% dibanding generasi sebelumnya yang cuma memuat lokal konten 60%," sebut Yui Hastoro, Direktur Teknikal TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/1).

Peningkatan persentase lokal konten tersebut dijelaskan oleh Yui Hastoro terdiri dari beberapa komponen yang awalnya masih di datangkan dari luar, dan kini sudah di suplai oleh vendor-vendor lokal.

"Beberapa komponen seperti RR Axel, Link Steering System, Shock Absorber, Airbag, Steering Wheel dan Stabilizer depan belakang sudah kita lokalkan. Spring kita suplai dari Kayaba," jelas Yui.

Namun dijelaskan Yui, peningkatan lokal konten tersebut hanya untuk All New Toyota Fortuner varian mesin bensin. Sementara untuk varian mesin diesel kurang dari 75%.
 
"Untuk Fortuner varian mesin diesel tingkat lokal kontennya hanya sekitar 68% karena mesinnya masih impor dari Thailand," tutup Yui Hastoro.

Toyota Fortuner sendiri merupakan produk andalan Toyota Indonesia di pasar domestik dan ekspor. Terhitung sejak tahun 2006 produksinya mulai di lokalkan dan secara bertahap akan terus ditingkatkan. (Zie)

TERKINI
Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru