Sebelum Diuji Sebastian Loeb di Ajang Rally, Lancia Delta Evo-RX Dengan Livery Ikonik Sempat Terbakar

Rabu, 26/07/2023 02:03 WIB

mobilinanews (Inggris) - Penggemar rally dunia batal melihat livery ikonik Lancia Delta Integrale yang di masa lalu berjaya di WRC. 

Menyedihkan karena satu mobil itu besutan perally legendaris Sebastien Loeb di kancah 2023 FIA World Rally Cross Championship.

Pasalnya, dua unit mobil listrik Lancia Delta Evo-e RX besutan tim Special ONE Racing hangus terbakar sebelum berkompetisi di serial 2023 FIA World Rally Cross Championship yang dimulai dari Portugal pekan ini.

Dua unit Delta yang livery-nya merupai warna Lancia Delta Integrale era 1980-an sedang diuji dalam event nasional Inggris di Lydden Hill Race Circuit. 

Awalnya hanya satu mobil yang terbakar saat mengisi batere. Tapi, api cepat menyebar dan menyambar unit lainnya. Truk tim dan seluruh paddock tim ikut jadi korban.

Menurut FIA pihak pemadam lokal sudah kerahkan seluruh kemampuan tapi api sulit ditanggulangi.

Belum dipastikan penyebab kebakaran namun besar dugaan dari batere yang sedang di-charge.

Dari rekaman video juga terlihat sumber api dari bagian sekitar batere. Selain FIA, Kreisel sebagai pabrikan batere akan lakukan investigasi khusus.

Lancia Delta Evo-e RX itu terdiri dari 2 batere yang masing-masing memasok tenaga mesin 331 hp. Artinya ada 662 hp yang bisa disemburkan mobil four wheel itu. Ia hanya butuh waktu 1,8 detik untuk mencapai speed 100 km/jam.

Pastinya Loeb kecewa. Pemegang rekor juara WRC 9 kali dan juga terjun di ajang Rally Dakar itu harus memulai musim perdananya di FIA Rally Cross Championship lewat cara seperti itu.

"Saat tahun lalu ditawari proyek ini saya bilang gila. Tapi, saat mencobanya langsung tertarik," kata perally Prancis itu.

"Saya tahu kehebatan Lancia Delta Integrale di WRC beberapa dekade lalu dengan livery yang ikonik. Saya tak sabar untuk membawanya jadi juara," imbuh Loeb.

Loeb kini masih tanda tanya apakah timnya bisa ikut di seri pembuka Rally Cross nanti, apalagi Kreisel pun harus memastikan kesiapan baterenya lebih dahulu. (rn) 

 

 

 

TERKINI
Penjualan Baleno Melejit, Menyumbang Pertumbuhan Signifikan pada PT Suzuki Indomobil Sales Piaggio Indonesia Hadirkan Dealer Motoplex 4 Brand di Sidoarjo, Jawa Timur The Elite Showcase 2024 Hadirkan Pengalaman Otomotif Tak Terlupakan dengan Tenant dan Brand Prestisius Program Cari Aman Berkendara Motor: Tengok Belakang Sebelum Nge-gas