Test Drive All New Toyota Fortuner : Sematkan Rangkaian Fitur Baru

Jum'at, 29/01/2016 02:35 WIB

mobilinanews (Jogjakarta) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar sesi Media Test Drive untuk produk terbarunya, All New Toyota Fortuner yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu. Kali ini puluhan awak media termasuk mobilinanews ikut dalam rombongan test drive yang mengambil lokasi Semarang-Jogjakarta, Jawa Tengah, Kamis (28/1).

Secara keseluruhan, di All New Toyota Fortuner terdapat beberapa point-point yang menjadikannya sebagai high SUV yang bakal menjadikannya sebagai pemimpin pasar di segmennya.

mobilinanews sungguh beruntung, karena untuk sesi pembuka langsung mendapat jatah untuk menjajal Toyota Fortuner baru dengan varian paling laris, Diesel 2.4 cc 4x2 VRZ. Dalam sesi Media Test Drive kali ini, PT TAM memang tidak memboyong banyak unit. Hanya 6 unit All New Toyota Fortuner varian Diesel 4x2 tipe VRZ dan 3 unit Toyota Fortuner generasi pertama sebagai pembanding.

Dari sisi desain luar, mobilinanews melihat kesan though dan cools terasa begitu kental dengan berbagai perubahan yang dilakukan. Mulai dari sisi depan, terdapat desain bumper dengan pola lekukan yang sanggup memberikan efek dramatis. Begitu juga desain bagian belakang yang kian menegaskan kesan tangguh sesuai karakter mobil SUV. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kini terlihat lebih modern dan stylish.

Desain All New Fortuner terlihat though dan stylish serta modern
 
Namun karakter paling penting adalah 3 line desain terbaru Fortuner, mulai dari atas, tengah, dan bawah, yang membuat konsumen jadi lebih tertarik secara emosional. Sebut saja Floating Roof dengan kesan mengambang tanpa hadirnya pilar di belakang.

Setelah cukup lama takjub menatap bentuknya, mobilinanews mencoba masuk ke dalam kabin dan melihat lebih detail bagian interiornya. Panel Dashboard hadir membawa kesan luxury. Jelas sekali perbedaan level antara generasi pertama dengan generasi kedua ini. Panel Wood meski terbuat dari bahan plastik, tapi saat diketuk tidak terasa keras.

Ruang kabin modern dengan penempatan material berkualitas

Duduk manis sebagai penumpang di baris depan, mobilinanews mencoba memperhatikan berbagai detail yang ditawarkan oleh All New Toyota Fortuner. Sedikit menengok ke atas, terdapat Personal Lamp desain baru dengan teknologi lampu LED dan RSE LCD 8" sebagai layar entertainment penumpang di baris kedua dan ketiga. Sementara emblem Fortuner yang menempel di dashboard juga cukup menarik perhatian.

Head unit utama mengandalkan head unit AVN 8" dilengkapi dengan sistem navigasi standard. Cukup membantu menggapai beberapa lokasi di kota Semarang yang mobilinanews dan beberapa rekan media lainnya sangat buta. Head unit ini bisa terkoneksi dengan perangkat smartphone untuk memutar musik pilihan. Toyota juga cukup bijak dalam mengakomodasi keinginan konsumen dengan menghadirkan fitur Corner & Parking Sensor di head unit tersebut.

Head unit AVN 8

Satu lagi fitur yang hampir lupa disebutkan adalah Anti Jam Protection yang sudah disematkan di empat power window dan Power Back Door. Fitur ini menghindarkan tangan atau bagian tubuh lain penumpang agar tidak terjepit. Bicara Power Back Door, ini juga merupakan fitur baru yang hadir di All New Toyota Fortuner. Di generasi sebelumnya belum ada.  

Paling menarik adalah bagian MID. Desain baru MID All New Toyota Fortuner dengan Illumination Light menjadikannya semakin indah dipandang. Bahkan sekarang sudah bisa di setting dengan 5 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Setting MID cukup lewat tombol yang ada pada Steering Switch sebelah kanan.
 
MID juga memberikan info penghematan bahan bakar yang di dapat melalui jumlah rata-rata konsumsi BBM harian yang di konversi ke dalam rupiah.

Setelah berhasil mencapai beberapa lokasi, tiba giliran mobilinanews untuk duduk di balik kemudi. Extra Padding Seat yang diaplikasikan pada kursi depan membuat posisi duduk sangat ergonomis, memberikan kesan seperti dipeluk sehingga perjalanan jarak jauh menjadi nyaman.

Namun sayangnya, untuk kenyamanan ini, Toyota tidak melengkapinya dengan sistem memory. Sehingga bila digunakan bergantian, kita harus rela menyetel ulang untuk mendapatkan posisi paling nyaman sesuai dengan postur tubuh masing-masing.

Itulah kesan pertama mobilinanews saat berkenalan lebih dekat dengan high SUV terbaru dari Toyota yang kini dilepas dengan harga lebih mahal 17 juta rupiah sampai 28 juta rupiah dibanding dengan generasi pertama. Lalu bagaimana dengan performa mesin yang juga sudah menggunakan mesin baru, baik varian mesin bensin maupun mesin diesel.

mobilinanews akan mengulas pada tulisan selanjutnya.... (Zie)

Test Drive All New Toyota Fortuner : Libas Jalur Ekstrim Dengan Diesel Power

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas