Tommi Makkinen Team Principal Toyota Yaris WRC 2016

Jum'at, 05/02/2016 22:03 WIB

mobilinanews (Jepang) - Toyota Gazoo Racing meluncurkan mobil balap WRC mereka Yaris 2016 di markas mereka di Jepang pada 4 Februari 2016 kemarin. Sebagai team principal ditunjuk mantan juara dunia 5 kali WRC, Tommi Makkinen.

Mantan pembesut Mitsubishi Lancer itu mulai menyeleksi pereli muda untuk dimasukkan ke tim inti WRC Toyota.

Esapekka Lappi merupakan sasaran utama mantan pereli asal Finlandia itu. Lappi adalah jawara reli Eropa pada 2014 dan turun di WRC2. Prestasinya di WRC2 adalah 2 kali kemenangan di Polandia dan Finlandia pada musim 2015. Sehingga finish keempat pada klasemen akhir 2015.

Pereli Citroen, Kris Meeke dan mantan juara dunia 9 kali, Sebastian Loeb menjadi incaran Tommi Makkinen berikutnya sebagai pereli utama tim Toyota.

Adapun alternatifnya, siap meminang pereli yang pernah jadi juara dunia 2003, Petter Solberg jika Meeke dan Loeb gagal bersanding di kursi Yaris WRC.

"Pereli adalah sektor terpenting dalam tim ini dan kita harus berpikir realistis dalam memilih pereli yang sesuai sebagai pereli utama," ujar Makkinen melalui Autosport.com.

Toyota Yaris WRC adalah mobil ketiga tim Toyota World Rally Team. Sebelumnya, tim yang dulunya bermarkas di Cologne, Jerman ini memakai Toyota Celica dan Toyota Corolla sebagai pacuan di ajang reli dunia ini.

Pada 1999, terakhir kali ikut serta sebelum memfokuskan diri ke ajang F1 pada 2002. Belum ada spek resmi mengenai Yaris WRC ini dan siap melakukan pengetesan di Finlandia sebelum turun sebagai wildcard pada salah satu seri WRC 2016. (Teks Berto Pramadya)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!