Davy J Tuilan : Low MPV Ibarat Mawar Berduri

Sabtu, 06/02/2016 11:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Buruknya kondisi perekonomian di Indonesia pada tahun 2015 lalu menyebabkan lesunya penjualan kendaraan bermotor. Ditambah dengan makin kerasnya tingkat kompetisi, banyak merek terpaksa harus gigit jari karena gagal memenuhi target penjualan tahunan.  

"Market secara keseluruhan turun karena situasi ekonomi yang kurang kondusif untuk pertumbuhan industri otomotif. Secara retail tahun 2015 hanya mencatat angka 1.031.000 unit, turun 18 persen," sebut Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di acara Suzuki New Year Media Gathering 2016 yang berlangsung di Jakarta, Jumat (5/2).

"Beruntung segmen LCGC bisa menjadi penyelamat dengan menorehkan penjualan total market sebesar 15 persen. Bayangkan kalau tidak ada LCGC, tergerusnya bisa sampai 30 persen lebih," lanjut Davy.

Kondisi ini berimbas juga kepada merek Suzuki di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang selama 5 tahun berturut-turut mencatat hasil positif, di tahun 2015 harus menelan pil pahit.

"Lima tahun market share kita terus naik, di 2015 turun dikit. Setidaknya Ini jadi bahan intsropeksi untuk lebih baik di 2016."

Menurut Davy, persaingan di segmen Low MPV adalah yang paling keras. Semua brand berlomba menawarkan kendaraan MPV dengan harga yang sangat kompetitif dengan keunggulan masing-masing. Hasilnya ada yang bisa menikmati tapi tak sedikit yang harus terjerembab.

"Segmen low MPV adalah ibarat `mawar berduri`, sangat mempesona membuat banyak pemain tergoda untuk mendekat, melihat dan akhirnya memutuskan untuk memegang. Tapi banyak juga yang tidak memperhitungkan duri, akhirnya harus berdarah-darah," pungkasnya.

Sementara untuk Ertiga sendiri, Davy mengklaim dalam dua tahun terakhir berhasil mempertahankan penguasaan market share sebesar 14 persen. Tahun ini dengan masuknya New Ertiga Drezza, diharapkan minat konsumen terhadap mobil keluarga produksi Suzuki ini akan terus terjaga. (Zie)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali