Segmen Pik Up Masih Mendominasi Jualan Suzuki Indonesia di 2015

Senin, 08/02/2016 23:02 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Segmen pik up masih menjadi andalan Suzuki Indonesia dalam menjalankan bisnisnya di pasar domestik. Disebutkan pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Suzuki Carry masih mendominasi penjualan sepanjang 2015 dengan kontribusi terbesar dari total penjualan merek Suzuki di Indonesia.

Dari data GAIKINDO menyebutkan penjualan Suzuki Carry tahun 2015 lalu mencapai 48.081 unit. Model Carry pik up FD M/T 1.5-L menjadi penyumbang penjualan terbesar dengan total 38.957 unit. Disusul dengan Suzuki Carry WD M/T 1.5-L dengan total penjualan sebanyak 6.964 unit. Sisanya dari Carry varian lainnya.

Namun menurut Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT SIS, jumlah tersebut menurun drastis akibat tantangan berat yang dihadapi industri otomotif sepanjang tahun lalu. Kondisi ekonomi tahun lalu membuat banyak pihak terpaksa sangat berhati-hati, termasuk pihak leasing.

"Banyak sekali dampaknya, leasing akhirnya jadi takut. Padahal 70 persen penjualan mobil Nasional itu bersumber dari leasing," beber Davy beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dijelaskan juga oleh Davy, dampak melemahnya ekonomi Indonesia di tahun 2015 membuat banyak wirausahawan yang merasakan kondisi sulit. Efek domino ini akhirnya berimbas juga kepada perusahaan pembiayaan atau pihak leasing.

"Pihak leasing paling khawatir terhadap kredit pik up, karena banyak wirausahawan yang ekonominya terus goyang. Sehingga ditakutkan menjadi kredit macet," tambahnya.

Kenyataan ini tentu menjadi sebuah tekanan berat bagi PT SIS menjalani tahun 2015. "Sementara segmen pik up masih menjadi andalan kami di Indonesia dengan jumlah total sumbangan penjualan sebesar 55 persen untuk merek Suzuki."  

Namun Davy berharap di tahun 2016 ini, kondisi bisa segera membaik. Suzuki Indonesia juga cukup optimis dengan berbagai strategi marketing yang akan dijalankan pada tahun ini. "Tahun ini kita akan lebih fokus pada peningkatan kualitas dan layanan kepada calon konsumen dan konsumen Suzuki. Itu yang terpenting," pungkas Davy. (Zie)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060