ISSOM 2023 : Gunakan Honda fl5 Type R TCR, Umar Abdullah "Pecah Telor" Juarai STCR 1 Sekaligus Cetak Rekor Baru

Selasa, 21/11/2023 01:01 WIB

mobilinanews (Bogor) - Sempat mengalami masalah overheating pada race ITCR 3600 Max, namun pembalap Umar Abdullah tampil apik pada kelas STCR1 seri 6 balap mobil ISSOM 2023 di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Minggu (19/11/2023).

Meski sempat diovertake Benny Santoso di R1 (tikungan 1) selepas start, namun Umar yang menggunakan Honda fl5 Type R TCR mengambil lagi posisi terdepannya di "S Besar" pada lap selanjutnya.

Selanjutnya, balapan 10 lap tersebut akhirnya dikuasai Umar Abdullah sekaligus merebut juara pertama, diikuti Benny Santoso (Hyundai Elantra N TCR) di urutan kedua, dan Dypo Fitramadhan (Hyundai Elantra N TCR, Bank BJB Delta Garage Racing Team) di posisi ketiga. 

 Momentum saat Umar kembali ambil alih posisi terdepan

Yang membuat pembalap andalan Bank BJB Delta Garage Racing Team itu tersenyum, bukan hanya akhirnya bisa merebut podium juara pertama dengan menggunakan mobil Honda fl5 Type R TCR untuk kali pertama. 

Namun pembalap jangkung yang berprofesi sebagai lawyer ini juga sukses memecahkan rekor baru STCR1 dengan 1:36,5. Rekor fantastis tersebut dicetak Umar pada sesi QTT pada Sabtu (18/11/2023). 

"Rasanya tidak hanya di STCR1, catatan waktu tersebut juga merupakan yang tercepat di kelas ITCR 3600 Max kalau tidak salah," ujar Umar tersenyum.

Sayangnya memang pada race kelas ITCR 3600 Max yang dilangsungkan sebelumnya pada Minggu siang, Umar yang start dari posisi ketiga, telah pada posisi sejajar dengan Glenn Nirwan (Audi RS3 LMS) berebut posisi kedua di lap 3. Hanya saja, indikator overheating pada mobilnya menyala, sehingga ia pilih lepas gas.

Dari kiri Dypo Fitra, Benny Santoso dan Umar Abdullah, pembalap 3 besar kelas STCR1

"Tidak mau kejadian lebih buruk terjadi, saya kemudian lepas gas. Padahal sejengkal lagi bisa overtake Glenn, bahkan sangat mungkin bisa mengejar Benny yang berada paling depan," terang Umar, yang tetap menyelesaikan balapan kelas ITCR 3600 Max namun finish di luar 3 besar. 

Setelah menyelesaikan balapan kelas ITCR 3600 Max, dan Honda fl5 Type R dibawa masuk pit Bank BJB Delta Garage Racing Ream, chief engineer Taqwa SS memeriksa dan memperbaiki terkait indikator temperatur mesin. Mekanik senior tersebut memastikan mobil ok, serta siap dipakai bertarung di race kelas STCR1 dilansungkan Minggu sore. 

Hasilnya? Umar "King" Abdullah sukses melakoni balapan dengan finish P1. Bahkan sempat meng-overlap beberapa pembalap backmaker di kelas STCR 1 yang diikuti 14 pembalap.

Congrats, King Umar. (budsan)  

   

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan