Toyota dan Lexus Memuncaki Kepercayaan Diler Otomotif di Era Mobil Listrik

Sabtu, 25/11/2023 01:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Baru-baru ini, lembaga survei Kerrigan Advisors merilis hasil penelitian mengenai tingkat kepercayaan diler terhadap merek otomotif pada tahun 2024 di tengah lonjakan popularitas mobil listrik.

Dari 650 diler yang dipilih secara acak, sebanyak 52 persen memproyeksikan bahwa valuasi bisnis mereka akan tetap tinggi dalam 12 bulan mendatang, meskipun terjadi peralihan menuju mobil listrik.

"Sentimen positif ini mendorong hampir separuh diler untuk mengejar akuisisi dan ekspansi, yang secara pasti merupakan dukungan terhadap masa depan industri ini," kata Erin Kerrigan, Pendiri dan Direktur Pelaksana Kerrigan Advisors, sebagaimana dikutip dari Carscoops pada tanggal 24 November 2023.

Dari hasil survei, merek otomotif yang diharapkan mendapatkan keuntungan besar termasuk Kia, Hyundai, Lexus, Toyota, dan Porsche.

Faktanya, 44 persen diler memperkirakan valuasi dealer Kia akan meningkat, dua kali lipat rata-rata industri.

Meski demikian, Kia dan Hyundai bukanlah merek yang paling dipercaya oleh diler.

Hasil survei menunjukkan bahwa Toyota dan Lexus merupakan merek yang paling diandalkan untuk meraih keuntungan.

Dalam survei ini, 72 persen diler menyatakan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap produsen mobil Jepang tersebut, mencapai tiga kali lipat dari rata-rata industri.

Kerrigan berpendapat bahwa kesenjangan ini sebagian besar disebabkan oleh perbedaan pendekatan merek terhadap elektrifikasi.

Diler tetap merasa kurang puas dengan strategi mobil listrik yang diimplementasikan oleh sebagian besar produsen mobil.

Pendekatan Toyota yang tidak bersedia beralih sepenuhnya ke mobil listrik dianggap sebagai daya tarik bagi diler.

Meskipun begitu, sebagian besar diler tetap optimis terhadap industri otomotif secara keseluruhan pada tahun mendatang, dengan 62 persen meyakini bahwa pendapatan dan valuasi mereka akan tetap tinggi. (karim)

TERKINI
F1 2024: Untuk Mengalahkan Max Verstappen, Ini Juru Taktik Baru Yang Mendampingi Charles Leclerc WRC 2024 Rally Portugal: Dani Sordo Is Back! Pimpin Hyundai Finish 1-2-3 Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Simak Selengkapnya