Johnny Darmawan Dan Jongkie Soegiarto Bersaing Menjadi Ketua Baru Gaikindo?

Rabu, 10/02/2016 23:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Johnny Darmawan dan Jongkie D Soegiarto diperkirakan akan bersaing dalam pemilihan ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dilangsungkan  pada 24 Februari 2016 di Jakarta.

Menurut seorang penggede Agen Pemegang Merek (APM) yang tidak mau disebut namanya, Jondar (sapaan karib Johnny Darmawan) maju karena diinginkan para petinggi Jepang baik yang di Indonesia maupun Jepang.

"Naiknya Jondar di pucuk pimpinan  Gaikindo diharapkan untuk mengamankan kepentingan pabrikan Jepang di Indonesia. Jondar dijagokan karena merupakan figur berpengalaman, dekat dengan Jepang dan juga birokrasi di Indonesia," ujarnya.

Saat ini Jondar masih sebagai salah satu ketua Gaikindo membidangi pameran. Selain itu mantan Presdir Toyota Astra Motor itu juga anggota Dewan Ekonomi dan Industri Nasional (DEIN)  bentukan Presiden Jokowi dan wakil ketua Kadin bidang otomotif.

Lalu siapa pesaing pria 63 tahun tersebut? Tak lain Jongkie D Soegiarto (67) yang mantan Presdir Hyundai Mobil Indonesia.

jong

Sebelum Jondar ramai digunjingkan bakal maju, sebenarnya nama Jongkie lebih moncer. Selama ini untuk urusan lobi ke birokrat, Jongkie lah yang lebih banyak berperan perwakilan dari Gaikindo. Jongkie juga masih menjabat sabagai salah satu ketua asosiasi yang  bermarkas di Menteng, Jakpus itu.  

Namun kabarnya kakak kandung Presdir PT Astra International Prijono Soegiarto ini menjadi kurang berminat ketika ada kabar Jondar maju diperebutan ketua umum Gaikindo menggantikan Sudirman MR yang segera habis masa jabatannya.

"Pak Jongkie menjadi kurang bersemangat kalau harus bersaing dengan koleganya sendiri. Padahal kalau mau fight bakal seru. Keduanya mewakili dua kutub yang berbeda. Jondar menyuarakan kepentingan Jepang, pak Jongkie mewakili nasional," terang sumber itu.

Bagaimana sebenarnya proses pemilihannya?

Menurut Noegardjito, sekjen Gaikindo, pemilihan akan diikuti seluruh perwakilan APM anggota Gaikindo. "Level direktur yang punya hak dipilih dan memilih. Untuk dijaring 8 menjadi ketua. Mereka itu yang akan memilih ketua umum, selebihnya menjadi ketua bidang," ujarnya kepada mobilinanews.

Kita tunggu updatenya.

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan