Danau Toba Rally 2023 : Andi Yusrizal Nggak Nyangka Bisa Juara Kelas M3, Pada Debutnya Gunakan Subaru Impreza

Rabu, 29/11/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Simalungun) - Selain Geofany Bintang Barlean, satu perally BART Motorsport lainnya yang berprestasi mengkilap di ajang Danau Toba Rally - APRC Grand Finale 2023 di Simalungun, Sumatra Utara, 24-26 November kemarin adalah Andi Yusrizal.

Iya, Andi Yuzrizal yang menjuarai kelas M3. Menariknya, kemenangan diraih saat Andi debut menggunakan Subaru Impreza WRX yang sebenarnya belum banyak dikuasainya. 

  Andi Yusrizal (kiri) bersama co-driver Tito Pratikto di podium juara kelas M3

"Terus terang, ini di luar dugaan. Dan faktor lainnya, kebeneran aja salah satu rival di kelas M3 rontok duluan (karena beratnya lintasan)," ujar Andi kepada mobilinanews. 

Menurut Andi, sebenarnya nggak nyangka aja bisa menang. Soalnya, ini kali pertama rally bawa Subaru. "Alhamdulillah, di luar ekspektasi. Karena target sebenarnya kita finish saja," lanjut Andi. 

Bahkan terang Andi, masih baru banget adaptasi dengan Subaru Impreza.

 Beda bener, dari Proton ke Subaru Impreza

"Kalau ditanya, mungkin belum 50 persen adaptasinya. Dari mobil jadi, baru ngerasain bawa pas latihan pada Minggu, 19 November, atau seminggu sebelum event Danau Toba Rally. Karena susah nyari waktu buat latihan. Saat latihan itu, bareng Bintang (Barlean)," terang Andi yang sebelumnya menggeber Proton.

Tapi drama belum berakhir. Seperti sebelum-sebelumnya, yang selalu didampingi co-driver senior berpengalaman Lanang Damarjati, kali ini terpaksa menggunakan jasa navigator cadangan Tito Pratikto.

 Saat melakukan ceremonial start di Kaldera Nomadic Toba

"Awalnya, co-drivernya memang om Lanang. Dari hari Senin (20/11/2023) sudah ada di Parapat. Cuma om Lanang kurang enak badan, suaranya ilang, plus orang tua om Lanang masuk rumah sakit. Akhirnya diganti sama Tito, co-driver di BART Motorsport juga," ungkap Andi.

Lantaran sudah bisa juara pada debutnya menggunakan Subaru, kini Andi pun mengubah targetnya. "Kalau target menang sih, kita akan maksimalin aja pada setiap seri Kejurnas Rally tahun depan," pungkas Andi. 

Bakal jadi jagoan baru nih. (budsan)


 

 

 

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan