Danau Toba Rally 2023 : Obsesi Alinka Hardianti Tercapai, Debut Langsung Geber Hyundai i20 Rally2

Kamis, 30/11/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Simalungun) - Ada cerita menarik dari liputan Danau Toba Rally - APRC Grand Finale 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara pekan lalu. Yakni munculnya Alinka "Queen of Slalom" Hardianti sebagai peserta.

Tidak asal jadi peserta, namun pada debutnya di ajang rally ini, Alinka langsung mengemudikan mobil rally yang kini tengah daun : Hyundai i20 N Rally 2. Dan tentu saja, langsung bertarung di kelas M1 merupakan kelas utama. 

Alinka yang mengibarkan bendera BHD Jhonlin Racing Team, didampingi navigator senior Yudi Herwanto. Hasilnya pun tidak malu-maluin. Alinka berhasil menjadi finisher urutan 15 Kejuaraan Umum dari total 67 peserta, termasuk 4 perally dari India, 1 Thailand dan 1 Selandia baru.

"Amazing, akhirnya kesampaian juga ikut rally. Ketika tawaran itu datang, langsung saya terima. Tidak pake mikir lama. Karena saya punya prinsip, kesempatan itu tidak datang dua kali hehe," ungkap Alinka kepada mobilinanews.

Bagaimana ceritanya bisa ikutan Danau Toba Rally kali ini? 

"Jadi ceritanya, paman Dirman (H Dirman, masih keluarga besar H Isam) tidak bisa turun karena ada acara lain. Lalu, ditawarkan ke Anang (panggilan Andi Baihaqi, suami Alinka), nggak bisa juga. Dony (Saputra), anak H Isam, apalagi. Setelah berpikir sejenak, H Dirman bilang, Alinka aja deh kalau gitu," ujar Alinka menirukan.

Karena belum yakin, Alinka tanya sekali lagi ke Anang. Setelah oke, karena waktunya sangat mepet, Alinka minta syarat didampingi orang tuanya untuk ke rally Danau Toba.  

"Datang hari Rabu, saya diajarin om Wiewie Rianto terkait fitur-fitur di Hyundai i20. Saya juga berterima kasih sama Ubang (Subhan Aksa), yang mengajari, dengan saya duduk sebagai navigator dia drivernya. Di trek sekitar 1 km. Lalu ikutin shakedown, langsung turun deh di Danau Toba Rally," terang Alinka, ibu dua anak balita ini. 

Yang jelas, Alinka merasa exited bisa turun di ajang rally. "Saya sempat berpikir apa cabor olahraga mobil yang belum pernah saya ikutin? Slalom, balap mobil, drifting dan Speed Offroad udah. Ternyata rally yang belum hehe," imbuhnya. 

Bagaimana jika H Dirman menawari jadi perally permanen?

"Iya itu masalahnya. Saya kan pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia. Di beda brand itu hehe," kata Alinka.  

Bisa niru Rifat Sungkar dong, perally dan brand ambassador Mitsubishi Motors, bisa turun dengan brand lain serta menjadi juara APRC 2023. Caranya? "Saya ajukan izin ke Mitsubishi dong. Alhamdulillah, diizinkan," ujar Rifat Sungkar. (budsan) 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Soal Isu BBM Pertalite Akan Dihapus, Pertamina Patra Niaga: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Toyota Veloz 2024, Mobil Keluarga yang Jadi Musuh SPBU karena Irit Bahan Bakar Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder!