Cuaca Berubah Drastis, WRC Swedia 2016 Terancam Batal

Kamis, 11/02/2016 22:35 WIB

mobilinanews (Swedia) - Bukan perkara gampang untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan otomotif, apalagi acara balap. Penyelenggara pasti dirugikan kalau sponsor pendukung dan peserta hanya sedikit.

Nah kalau acaranya kelas dunia seperti World Rally Championship (WRC), pasti agak berbahaya. Seperti yang terjadi pada seri kedua yang sedianya akan digelar di Swedia pada akhir pekan ini (11-14/02).

Atas dasar alasan cuaca yang terus menghangat, seri reli dunia itu rencananya akan dibatalkan. Penyelenggara reli, Glenn Olsson menjelaskan melalui motorsport.com. "Berbahaya sekali apabila cuaca saat ini berubah dengan cepat dan itu memperngaruhi jalannya perlombaan nanti".

Beberapa SS (Special Stage) dipotong dan dibatalkan demi keamanan lomba. Juara dunia 2 kali dari tim VW, Sebastian Ogier menyayangkan kejadian itu.

"Aku tidak tahu tentang hal ini dan belum mengetahui siapa yang berani membatalkan reli ini dan memotong beberapa SS. Ini konyol namanya," ujar pereli Perancis itu juga mengetahui sisa SS yang dipakai menggunakan medan gravel dan tidak ada yang menyediakan ban khusus gravel untuk trek di Swedia ini.

Reli Swedia pernah mengalami hal serupa pada 10 tahun lalu , di mana tempratur udara menjadi hangat akibat pemanasan global.

Tapi penyelenggara berharap kalau Jumat (11/2), beberapa SS siap dipakai walau harus mengalami perpotongan jarak. Kemungkinan, hanya 13 SS yang diperlombakan dari 21 yang direncanakan untuk digunakan. (Teks Berto Pramadya)

Keyword : wrc-2016

TERKINI
Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Sederet Prestasinya