Kejurnas Adventure Offroad 2023 Jogja : 100 Lebih Offroader Berebut Trofi Juara Nasional

Sabtu, 09/12/2023 00:03 WIB

mobilinanews (Yogyakarta) - Akhir pekan ini, 9-10 Desember, Sirkuit Janoko 4x4, Desa Wisata Krebet, Pajangan, Bantul, Yogyakarta, akan menjadi saksi sejarah, siapa pemegang tahta tertinggi kejuaraan ekstrem bertajuk Kejurnas Adventure Offroad Individual & Team Non Winch 2023.

Tak kurang dari 100-an Offroader bakal membanjiri sekaligus berkompetisi di putaran terakhir tersebut.

"Sampai dengan hari ini yang daftar sudah mencapai angka 90an lebih, kemungkinan nanti bisa mencapai 100an peserta," buka Ari Janoko, ketua penyelenggara.

"Peserta datang dari seluruh penjuru Nusantara, mulai dari DKI, Jabar, Jatim, Jateng, Sulsel, Sumsel, Bali dan DIY sebagai tuan rumah pastinya. Ini akan seru karena seri terakhir dan sudah di akhir tahun juga, para peserta akan gaspolll untuk menjadi yang terbaik," imbuh Ari yang juga akan turun di kompetisi kelas G4 ini.

Masih menurut Ari, pihaknya bersama para panitia penyelenggara yang lain seperti Wahyu Lamban Jatmiko dan kawan-kawan sudah mempersiapkan segala sesuatunya secara maksimal, termasuk lintasan yang akan menjadi arena tarung offroader-offroader Tanah Air.

"Trek di Sirkuit Janoko 4x4 cukup komplit, mulai dari batu, tanah, pasir, tebing-tebing yang curam maupun lintasan flat untuk highspeed dan tentunya lengkap dengan obstacle-obstacle yang menantang. Rencananya hari pertama akan main 4 SCS untuk individual kemudian lanjut di hari kedua 1 SCS Individual dan 3 SCS untuk kejuaraan tim," beber Ari.

Sementara, Wahyu Lamban Jatmiko, mengutarakan jika Sirkuit Janoko 4x4 nantikan akan segera di permanenkan untuk menggelar even-even off-road baik skala regional maupun nasional.

"Harapan kami, sirkuit ini nantinya akan menjadi sirkuit permanen dan bisa kita pakai untuk club' even, kejurda maupun kejurnas offroad. Tahun depan rencananya kita akan bikin 3 seri club' even di Yogya dan sekitarnya dengan hadiah yang menarik untuk pembinaan atlit pastinya," terang Wahyu Lamban Jatmiko.

Seperti diketahui, Kejurnas Adventure Offroad 2023 memperlombakan 3 putaran sepanjang tahun ini.

Seri pamungkas di Bantul, Yogyakarta ini adalah lanjutan dari putaran 1 yang diselenggarakan di Tasikmalaya, Jawa Barat, kemudian putaran ke-2 di Madiun, Jawa Timur dan yang terakhir adalah di Bantul, DIY. Kejurnas mempertandingkan 4 kelas berbeda plus kejuaraan tim.

Ke-4 kelas tersebut adalah G1, G2, G3 dan G4 serta untuk kejuaraan tim dibagi menjadi 2 kelas yakni under 2500cc dan upper 2501cc. (rw)

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan