MotoGP 2023 : Hadiah Natal Buat Miguel Oliveira, Aprilia RSV4 XTrenta Hanya Diproduksi 100 Unit Segini Harganya

Selasa, 12/12/2023 22:50 WIB

mobilinanews (Italia) - Miguel Oliveira, rider Portugal yang cetak sejarah sebagai pembalap pertama menjuarai GP Indonesia saat digelar di Sirkuit Mandalika (2021), tengah berbahagia dengan banyak berkah yang ia anggap sebagai hadiah Natal.

Sebagai pembalap tim satelit Aprilia, mantan pembalap tim pabrikan KTM itu sudah memastikan dapat motor Aprilia RS-GP spek 2024 yang sama persis dengan besutan duet pabrikan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Motor ini menjadi tercepat dalam tes Valencia lalu lewat Vinales.

Berita bahagia lainnya adalah masuknya Trackhouse Racing (AS) sebagai penerus tim satelit Aprila, menggantikan RNF Aprilia yang dicoret Dorna Sports dari grid 2024 akibat kendala keuangan.

Kedua berkat itu, kata Oliveira, memberinya semangat berlebih untuk menyongsong kompetisi musim 2024 dengan optimistis. Dengan keyakinan bisa bersaing di baris depan.

Tak hanya karena motor yang lebih kompetitif tetapi juga dengan tim yang sehat dan profesional, karena selama ini Trackhouse adalah tim balap yang aktif di balap Nascar Amerika. 

Terakhir adalah anugerah sekaligus bentuk aspirasi yang diberikan Aprilia atas kinerja Oliveira dalam tim pabrikan Italia itu. 

Tak lain adalah hadiah Natal 2023 berupa Aprilia RSV4 XTrenta yang diproduksi hanya 100 unit dengan nomor sendiri-sendiri. Ini seri lanjutan dari versi RSV V4 X dan Tuono X.

Bedanya, XTrenta dibuat mendekati karakter motor MotoGP untuk jalan raya. Disebut sebagai  motor hypernaked paling bertenaga dan teringan yang pernah ada.

Berbobot hanya 166 kg tetapi bisa menyemburkan tenaga 230 tenaga kuda. Bandingkan dengan motor MotoGP dengan bobot 157 kg dengan tenaga mencapai 300 hp.

RSV4 XTrenta dibuat oleh divisi balap Aprlia dengan memanfaatkan teknologi yang belum pernah ada sebelumnya. 

Yang mendekati teknologi yang digunakan di MotoGP dalam hal material, komponen, elektronik, dan yang terpenting adalah aerodinamika sebagai sektor yang sangat penting dalam beberapa tahun terakhir.

Aprilia mengklaim hanya XTrenta motor jalan raya yang dilengkapi sayap belakang dan bawah yang berfungsi menjaga performa maupun stabilitas pengendaraannya.

Lewat akun medsosnya, Oliveira langsung memejeng motor barunya sembari memuji detail teknis XTrenta. Ia mengaku beruntung terpilih menjadi 1 dari hanya 100 pemilik XTrenta yang dibanderol seharga 50.000 Euro atau sekitar Rp 830 juta itu. (rn)

TERKINI
Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Motor Listrik Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses Denza Z9 GT Versi PHEV Siap Diluncurkan di Pasar Eropa Bulan Ini