Anton Jimmi Menerima 2 Penghargaan Bergengsi, Toyota Perkokoh Sebagai Pemimpin Pasar Otomotif Nasional

Jum'at, 15/12/2023 16:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menutup tirai tahun 2023, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, meraih prestasi gemilang dengan meraih dua penghargaan bergengsi dari institusi terkemuka di bidang marketing.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas keberhasilannya memimpin aksi pemasaran Toyota di pasar otomotif Indonesia, mengukuhkan posisi perusahaan sebagai pemimpin di industri otomotif Tanah Air.

Prestasi ini tidak lepas dari komitmen Toyota dalam memahami kebutuhan mobilitas masyarakat dan menjaga kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

Toyota telah mengimplementasikan berbagai inovasi dan strategi untuk menyesuaikan diri dengan dinamika pasar dan perkembangan zaman.

Salah satu bukti keberhasilan yang mencolok adalah strategi Multi-Pathway Toyota dalam menghadapi era kendaraan elektrifikasi (xEV).

Toyota mampu memimpin pergerakan pasar dengan menyediakan produk xEV yang lengkap, sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota.

Kolaborasi dengan value chain menjadi kunci sukses dalam menyajikan layanan terbaik bagi pelanggan.

"Selama lebih dari 50 tahun mendukung mobilitas masyarakat Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan posisi sebagai top of mind di bidang otomotif, khususnya kendaraan roda empat. Seiring berkembangnya zaman, kini dengan strategi Multi-Pathway, Toyota terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan demi melaksanakan visi Mobility for All," ujar Anton.

Salah satu bukti keberhasilan Toyota adalah eksistensi Toyota Kijang, yang telah hadir sejak tahun 1977 dan hingga sekarang telah terjual lebih dari 2 juta unit.

Produk lokal All New Kijang Innova Zenix HEV menjadi motor penggerak penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota yang mengalami pertumbuhan pesat, mencatat penjualan mencapai 33.603 unit hingga November 2023 dari 4.436 unit di tahun sebelumnya.

Di era elektrifikasi, Toyota terus berinovasi melalui gerakan "IT’S TIME FOR EVERYONE" yang mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program pengurangan emisi karbon.

Toyota memberikan pilihan lengkap teknologi elektrifikasi, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Kepemilikan xEV Toyota didukung oleh ekosistem yang mudah, andal, dan berkelanjutan melalui Total Mobility Solution.

Toyota xEV Ecosystem memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan servis mobil dan charging baterai di 74 dealer resmi Toyota, yang diharapkan akan bertambah hingga seluruh dealer pada akhir tahun 2024.

Dengan opsi xEV yang komplit, pelanggan dapat memilih mobility solution sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, preferensi, dan daya beli mereka.

Selain itu, Toyota juga memberikan kontribusi positif kepada lingkungan melalui program pengumpulan sampah anorganik dan pengolahan dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Toyota melihat bahwa mesin konvensional (Internal Combustion Engine/ICE) masih mendominasi penjualan, dan untuk mengatasi hal ini, Toyota mengembangkan Flex-Fuel Technology untuk mengurangi emisi karbon.

Strategi pemasaran berikutnya yang diperkenalkan adalah dengan menghadirkan brand sporty GAZOO Racing (GR).

Dengan mengusung DNA motorsport Toyota, sports car dan sporty car GR menjadi diminati oleh para pecinta motorsport dan memperkenalkan produk GR kepada masyarakat.

Prestasi Toyota dalam mewujudkan inovasi dan strategi pemasaran ini diakui melalui dua penghargaan bergengsi.

Pertama, Anton Jimmi Suwandy meraih penghargaan Industry Marketing Champion 2023 for the Automotive sector dari MarkPlus, Marketeers, dan Indonesia Marketing Association (IMA).

Penghargaan kedua adalah Best Chief Marketing Officer 2023 in Providing Innovative Products for Various Customer Segmentation (Category: Automotive) dari Indonesia Best CMO Award 2023, yang menyoroti peran Anton Jimmi Suwandy sebagai driver pertumbuhan perusahaan dan pengembang ekonomi Indonesia.

"Mewakili keluarga besar Toyota di Indonesia, kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh MarkPlus dan Warta Ekonomi. Kami yakin, semua pencapaian Toyota selama ini tidak lepas dari semangat inovasi dan kolaborasi solid semua stakeholder yang terlibat dalam pemasaran mobil Toyota di Indonesia," kata Anton.

Dengan visi Mobility for All, Toyota terus berkomitmen untuk menghadirkan mobil yang semakin baik agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dan mendukung upaya menuju netralitas karbon demi masa depan yang lebih baik.

Prestasi dan penghargaan yang diraih menjadi bukti nyata bahwa Toyota tidak hanya menjadi pemimpin di pasar otomotif, tetapi juga berperan aktif dalam mendorong inovasi dan keberlanjutan di industri ini. (krm)

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan