Sempat Terhenti Karena Skandal Uji Keselamatan, Toyota dan Daihatsu Kembali Ekspor Mobil ke Luar Negeri

Rabu, 03/01/2024 22:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali mengekspor mobil-mobil Toyota buatan dalam negeri yang diproduksi di Karawang, Jawa Barat.

Ekspor ini kembali dilakukan setelah pengapalan sempat terhenti karena adanya masalah skandal manipulasi uji keselamatan oleh tim komite independen yang berujung pada penyetopan sementara.

"Ya, beberapa negara sudah ekspor. Hampir semua model yang terkait sudah kembali diekspor," kata Bob Azam Wakil Presiden Direktur TMMIN di Jakarta.

Bob merinci beberapa model Toyota telah diekspor ke berbagai negara. Model yang diproduksi TMMIN yakni Toyota Avanza,Toyota Veloz dan Toyota Yaris Cross yang sempat ikut bermasalah terkait skandal.

Hal yang sama dilakukan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM). Mereka bahkan telah melakukan pengapalan atau ekspor ke 60 negara.

Hal ini diungkap Sri Agung Handayani Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM).

Ekspor ke 60 negara sudah dilakukan secara bertahap yang diharapkan kembali normal di tahun 2024 ini.

"Saat ini kami telah mendapatkan konfirmasi dari otoritas sebagian besar negara tujuan ekspor, bahwa sudah memenuhi regulasi yang berlaku di negara tujuan ekspor tersebut," tuturnya.

Ia juga menerangkan bahwa ADM telah kembali melakukan pengiriman ekspor secara bertahap mulai tanggal 26 Desember 2023 lalu ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor.(erwin)

TERKINI
F1 2024: Untuk Mengalahkan Max Verstappen, Ini Juru Taktik Baru Yang Mendampingi Charles Leclerc WRC 2024 Rally Portugal: Dani Sordo Is Back! Pimpin Hyundai Finish 1-2-3 Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Simak Selengkapnya