Ini Tanggapan Toyota Soal Masuknya 2 Merek Cina

Senin, 15/02/2016 09:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tidak lama lagi industri otomotif Indonesia akan kedatangan dua pemain baru dari Cina, Sokon dan Wuling. Keduanya akan meramaikan persaingan dan segera berhadapan langsung dengan merek-merek besar asal Jepang, Eropa dan juga Korea.

Lalu bagaimana tanggapan Toyota sebagai pemimpin pasar di Indonesia menghadapi calon lawannya ini?

"Terkait model atau merek baru, kita ngelihatnya positif. Berarti itu akan memberi pilihan lebih kepada pelanggan. Jadi saya rasa itu hal yang positif," jelas Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/2).

Menurutnya, kehadiran merek baru ini sekaligus memberikan sebuah tantangan baru agar bisa menjadi lebih baik lagi. "Buat kita ini menjadi challenge atau refleksi untuk melakukan improve yang lebih jauh. Coba kalau terlalu sering monopoli, biasanya tidak ada improve apapun," lanjutnya.

"Jadi hadirnya Wuling bisa jadi sangat positif, karena memberikan feedback untuk Toyota. Walau sebenarnya, ada atau tidak adanya kompetisi, Toyota selalu berusaha memberi yang terbaik. Seperti filosofi kita, Kaizen, lebih mengerti pelanggan."

Tetapi untuk soal hadirnya dua merek ini, Toyota merasa belum bisa berkomentar terlalu banyak apalagi harus merasa khawatir. "Kita belum tahu secara konkrit juga soal mereka, jadi kita tidak akan berasumsi terlalu jauh," pungkasnya.

Sebagai informasi, Wuling dan Sokon merupakan dua pemain baru asal Cina yang akan melakukan ekspansi pasar di Indonesia. Keduanya hadir tidak hanya sekadar untuk menjajal pasar otomotif Tanah Air, namun sekaligus bertindak sebagai merek dengan base produksi. (Zie)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!