F1 2024 : Terungkap Niat Jadikan Chicago City Sebagai Kota Keempat Balap Jet Darat di USA

Selasa, 30/01/2024 23:28 WIB

mobilinanews (AS) - Perusahaan asal AS, Liberty Media, mengambil alih kekuasaan Formula One dari Bernie Ecclestone pada 2017. Sejak saat itu F1 bergemuruh di AS. Dan, bakal terus menggeliat.

Berkat perusahaan itu, balap F1 yang tadinya kurang peminat jadi berkembang drastis. Sejak musim tahun lalu AS telah menjadi tuan rumah untuk 3 seri balap F1  yang tadinya kalah popular dari IndyCar dan Nascar . 

Masing-masing  GP AS di Austin Texas, GP Miami dan GP Las Vegas. Khusus Vegas, promotor dan pelaksananya adalah Liberty Media sendiri dan dikemas ala Amerika dengan full entertainment.

Timing-nya pun beda. Satu-satunya seri yang berlangsung night race di Sabtu malam alias malam mingguan.

Sepertinya itu belum cukup. Ada potensi seri keempat digelar dan kota yang dibidik adalah Chicago. Tanda-tandanya sudah ada.

Diungkap oleh planetf1.com, otoritas F1 sudah mendaftar dan mempatenkan nama seri untuk Chicago nanti ke pihak United States Patent and Trademark Office pada 19 Januari silam.

Ada 4 nama yang didaftarkan untuk seri baru itu, yaitu Formula 1 Chicago Grand Prix,  Formula 1 Grand Prix of Chicago,  Grand Prix of Chicago, dan Chicago Grand Prix.

Langkah ini jelas untuk mencegah nama itu dipakai pihak lain untuk perhelatan balap di kota berpenduduk 2,7 juta itu.

Sejauh ini belum ada wacana resmi untuk menghadirkan F1 di Chicago.

Tapi, mempatenkan 4 nama di atas adalah persiapan Liberty Media untuk memperbanyak seri F1 di negara mereka sendiri, berbarengan dengan upaya menghadirkan tim dan pembalap kompetitif asal AS sendiri.

Langkah serupa sebelumnya dilakukan Liberty Media. Sejak beberapa tahun sebelumnya mereka mempatenkan nama GP Miami dan Las Vegas yang akhirnya terwujud.

New York juga pernah didaftarkan ke lembaga yang sama, tapi hingga sekarang tak ada tanda lanjutan apakah kota sibuk itu akan jadi tuan rumah berikutnya. Chicago dinilai lebih berpeluang dari sisi bisnis.

Apakah kelak Chicago ikuti jejak Vegas sebagai tuan rumah F1, hanya waktu yang nantinya bicara.

Yang pasti tahun ini saja jadwal F1 sudah sesak dengan 24 seri balap sepanjang Maret hingga Desember mendatang.

Meski begitu, sukses Miami dan Vegas bisa jadi akan melecut Liberty Media untuk memasukkan Chicago di masa depan F1.

Sebagai pemilik event dan pemegang hak komersialnya tentu Liberty Media punya celah untuk 'memaksakan' kehendak. (rn)

 

 

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki