Talk Show IIMS 2024 : Kejurnas Balap Motor OnePrix Digelar 5 Seri di 4 Pulau, Formula E Hadir Lagi di Indonesia Tahun Depan

Selasa, 20/02/2024 18:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kejuaraan OnePrix sebagai kasta tertinggi balap motor bebek di Indonesia, akan digelar 5 seri tahun ini dan dilangsungkan di 4 Pulau berbeda : Sulawesi, Kalimantan, Sumatra dan Jawa. 

"Kami sudah tentukan kalender OnePrix 2024, 1. Sirkuit Ratona Paloppo (Sulawesi Selatan, April), 2. Sirkuit Sabaru Palangkaraya (Kalimantan Tengah, Juni), 3. Sirkuit Bung Tomo Surabaya (Jawa Timur, Juli), 4. sirkuit Zabag (Jambi)/ Sirkuit Skyland Musi Banyuasin (Sumsel), Agustus dan sirkuit Mijen Semarang/Sentul International Karting Circuit," ungkap Arlan P Lukman, CEO OMM (OnePrix Motorsport Management).

Arlan menyampaikan itu pada IIMS 2024/" style="text-decoration:none;color:red;">Talk Show IIMS 2024 di Hall C1 JI Expo Kemayoran Jakarta, Selasa (20/2/2024) sore. Selain Arlan Lukman, hadir sebagai nara sumber adalah Irawan Sucahyono seorang pengamat motorsport yang juga Deputy Director Formula E.

Selain menerangkan terkait jadwal dan venue Kejurnas Balap Motor yang akan kembali disiarkan langsung stasiun TVOne, Arlan juga menyebutkan bahwa setiap tim peserta OnePrix 2024 terdiri-dari 2 pembalap, dengan maksimal 12 tim.

"Satu hal lagi, setiiap tim harus berbentuk perusahaan. Dan, menyerahkan uang jaminan Rp 50 juta setiap tim per tahun, untuk durasi 3 tahun," lanjut Arlan Lukman.

Arlan Lukman menambahkan, untuk tahun ini, IMI mengurangi kelas yang dilombakan di OnePrix menjadi tiga : Kelas OP1 (Expert), Kelas OP2 (Novice) dan OP3 (Rookie). Sedangkan kelas Beginner dikembalikan untuk dilombakan di ajang MotoPrix.

Sementara itu, Irawan Sucahyono mantan Sekjen PP IMI dan sekarang menjabat sebagai Deputy Director Formula E mengatakan bahwa tahun ini memang tidak ada penyelenggaraan balap kejuaraan dunia Formula E

"Jadwal Formula E kan selalu pada bulan Juni, sekaligus meramaikan ulang tahun DKI Jakarta. Namun karena tahun ini menjadi tahun politik, ada Pilpres, FE ditunda. FE akan kembali digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, pada Juni 2025," terang Irawan. 

FE pasti akan dilangsungkan pada 2025, menurut Irawan karena pihak Indonesia telah membayar kewajiban termasuk commitment fee. Event mestinya dilangsungka pada tahun ini.

"Hanya saja ditunda menjadi 2025. Bagaimana dengan tahun berikutnya? Ya, itu tergantung pemerintah, untuk melakukan pembicaraan dengan FE Corporation. Bentuk kerjasamanya sebaiknya seperti MotoGP di Mandalika yang dihandle pemerintah pusat (BUMN). Dengan demikian, akan lebih mudah juga untuk mendapatkan sponsor," pungkas Irawan Sucahyono

Bertindak sebagai host adalah Ricky Sitompul race commentator kondang. (bs) 

 

 

    

 

TERKINI
Suzuki Motor Corporation Memperkuat Posisi Global dengan Peningkatan Produksi dan Penjualan Aveta SVR 180, Motor Bebek Super yang Bertenaga Buas, MX King 150 Auto Minder! Simak Tata Cara Ngecek NRKB STNK Secara Offline di Samsat Segini Estimasi Biaya Servis CVT Motor Matic di Bengkel Resmi Suzuki