Mengenang Toddy Andries : Pimpinan Perlombaan Balap Yang Tegas, Hitam Putih dan Disegani Pembalap!

Jum'at, 23/02/2024 01:58 WIB

mobilinanews (Tangsel) - Dunia balap kehilangan salah satu tokoh yang sangat berkomitmen pada bidang yang ditekuninya sebagai pimpinan perlombaan. Khususnya pada balap motor, atau dikenal juga sebagai balap road race.

Iya, om Toddy Andries (80 tahun) telah dipanggil Bapa di Surga, pada Kamis (22/2/2024) pukul 01.23 WIB karena sakit.

Om Toddy sakit pada Minggu (18/2/2024), lalu dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya. Namun empat hari kemudian, pimpinan perlombaan balap motor yang dikenal tegas, tanpa kompromi dan disegani para pembalap, menghembuskan nafas terakhirnya.

Sebelum dikebumikan, almarhum om Toddy disemayamkan di rumah duka, Jalan Cirendeu Indah IV No.86, Cirendeu, Tangerang Selatan.

Tampak para teman, sahabat dan komunitas balap hadir untuk menyampaikan duka cita pada sosok tegas namun ramah dan humanis ini. 

Nama Toddy Andries sangat populer sebagai pimpinan perlombaan pada event balap Kejurnas maupun non-Kejurnas yang diselenggarakan promotor PT Trendypromo Mandira yang dikomandani mendiang Helmy Sungkar, dari akhir 1990-an hingga tahun 2000-an.

Toddy Andries adalah jaminan mutu. Dengan namanya didapuk sebagai Pimpinan Perlombaan, balapan dijamin berlangsung lancar dan sukses, karena di mata om Toddy regulasi itu hanya ada hitam dan putih.

"Bagi saya, peraturan itu enggak boleh abu-abu. Harus jelas dan tegas," ujar Om Toddy suatu ketika. Sudah gitu, sosoknya yang gempat, mata kecoklatan seperti layaknya blasteran Belanda, membuatnya cukup disegani.

Penulis memiliki pengalaman tersendiri dengan om Toddy, ketika membeli salah satu unit Vespa lawasnya. Om Toddy mengantar sendiri Vespa tahun 1962 tersebut dari rumahnya di Cirendeu ke Bekasi. 

Sebelumnya, Ferdinand Marcel Andries salah satu putra om Toddy lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa pada 9 bulan lalu. Tepatnya, Acel berpulang Senin (22/5/2023) di RSU Lawang Kabupaten Malang, setelah menderita sakit saat meliput Kejurnas Sprint Rally. Acel adalah seorang fotografer.

Putra mendiang Toddy Andries lainnya yakni Michael Andries dan Steven Andries, juga menekuni karir di arena balap pada bagian teknis. (bs)

 

 

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan