Tips Memilih Subwoofer Yang Cocok Buat Mobil Anda

Minggu, 21/02/2016 20:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tatanan car audio yang berkualitas tentunya menjadi dambaan setiap orang  dengan dentuman bas yang bulat dan padat.  

Ada berapa hal yang harus diperhatikan untuk itu. Salah satunya pemilihan subwoofer. Meskipun memilih jenis subwoofer bukanlah perkara yang mudah bagi pemula.

Subwoofer dirancang sebagai penyalur frekwensi dana rendah (suara bas) pada jangkauan 20Hz-200Hz. Semakin rendah frekwensi responnya semakin sempurna kualitas bas yang dihasilkan.

Terkadang 1 set subwoofer sudah cukup memberikan kualitas suara yang sempurna, namun jika dirasa masih kurang  bisa  mengandalkan lebih dari 1 set subwoofer.

Tapi semua itu tergantung kebutuhan yang Anda inginkan sebaiknya sesuaikan juga dengan dimensi ruang kabin untuk tata letaknya. Pilih subwoofer berukuran 10-12 inci tapi ukuran 8 inci juga mampu memproduksi frekwesi nada redah yang optimal. Disamping itu ukuran diameter yang lebih kecil dapat menghemat dimensi ruang.  

Tak luput dari itu semua volume boks juga mempengaruhi kinerja  subwoofer dan  perhatikan  rekomendasi dari pihak produsen. Bila ingin melakukan perubahan, rubahlah dalam batas toleransi 25%  saja.

Contoh jika spesifikasinya menyarankan 1 volume boks 1 cubicfeet maka perubahan bisa menjadi 0,7-1,25 cubicfeet volume segitu masih dalam posisi aman.

Hal lainnya yang mesti diperhatikan adalah apakah spek subwoofer biasanya yang dipilih sesuai dengan out put amplifier yang Anda gunakan. Jika out put  amplifiernya rendah atau sebaliknya maka hasilnya pun tidak akan maksimal.

Namun yang tidak kalah penting subwoofer bermerek bukanlah salah satu cara memaksimalkan kualitas sound. Semuanya berkaitan dengan komponen yang diaplikasikan, kabel koneksi serta instalatur.

Sebaiknya sebelum memutuskan, konsultasikan dulu pada instalalur yang berpengalaman dan dapat dipercaya.

Selamat mencoba….(Teks Yacob)

TERKINI
Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060 PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua Kalangan, Cicilan Ringan, Konsumen Bisa Memiliki Tanpa Uang Muka Ternyata Honda FL5 dan Hyundai N TCR Diangkut Pesawat ke Sepang, Oleh Bee Logistics Transworld Perusahaan Milik Perally H. Andy Surya Santosa Wuling Cloud EV, Mobil Listrik Futuristik Dilengkapi Fitur Canggih Untuk Kenyamanan