Mengenal Fungsi Oli, Ternyata Tidak Hanya Melindungi Mesin, Namun Ini Yang Lebih Urgent!

Selasa, 26/03/2024 00:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pelumas atau oli memiliki fungsi yang penting untuk melumasi dan menjaga komponen mesin agar tetap berfungsi optimal saat kendaraan dioperasikan.

Yang menjadi catatan bagi pengguna kendaraan adalah memilih oli yang tepat agar sesuai dengan spesifikasi mobil. Hal ini penting karena akan memaksimalkan performa mobil. Lalu apa saja fungsi oli yang perlu diketahui oleh pengguna mobil?
 
1. Mencegah Keausan Komponen
 
Gesekan pada komponen mesin atau komponen lain dapat menurunkan kinerja komponen tersebut. Pada tingkat ekstrim akan merusak komponen tersebut. Biasanya gesekan membuat komponen tertentu mengalami keausan.
 
Berkaitan dengan itu, mobil membutuhkan pelumas yang berkualitas untuk melindungi dan menjaga komponen mesin tetap terjaga dari keausan. Dengan menggunakan pelumas yang tepat Anda tak perlu khawatir dengan kondisi mesin mobil Andal.
 
2. Pendingin Komponen
 
Pelumas juga berfungsi menjadi pendingin komponen. Kinerja komponen mesin yang intensif menimbulkan suhu panas yang cukup tinggi, karena komponen saling berhubungan. Namun dengan adanya pelumas, yang mengalir dan membalur komponen-komponen terkait bisa menjaga suhu tetap komponen tetap dingin dan tidak overheat.
 
3. Menjadi Pembersih
 
Keausan Komponen bisa terjadi karena jangka waktu pemakaiannya. Komponen yang aus, biasanya meninggalkan kotoran besi , sehingga perlu dibersihkan. Di sini pelumas yang mengalir akan membawa kotoran besi yang menempel pada carter atau penampung oli.
 
Di bagian ini lah, kotoran besi akan disaring dan dikumpulkan oleh magnet yang ada pada komponen tersebut. Meskipun membawa kotoran besi, tapi pelumas akan tetap bersih saat masuk ke mesin karena ada filter oli yang menjadi penyaring pelumas.
 
4. Mencegah Karat
 
Komponen mesin mobil yang terbuat dari logam, semakin lama akan berubah dan mengalami penurunan kualitas, karena karat.

Tapi karena adanya pelumas melindungi dan mencegah komponen-komponen logam ini berkarat. (elk)

TERKINI
Nol Kilometer Indonesia di Sabang, Menjadi Titik Deklarasi Land Rover Club Palembang Dipimpin Mantan Gubernur Tips Mengemudi Jarak Jauh untuk Mengisi Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih Sumatera Cup Prix 2024 Digelar 5 Seri Makin Gebyar, Sponsor Bertambah dan Jadwal Dijamin Nggak Bergeser Isuzu Skill Competition 2024 untuk Peningkatan Kualifikasi Layanan, Libatkan Sekolah Menengah Kejuruan