Mencuci Mobil Sebaiknya Pakai Air PAM Atau Air Tanah?

Senin, 14/03/2016 08:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pastinya anda pernah menemukan jelaga noda pada body mobil maupun pada kaca. Noda yang terdapat pada bodi dan kaca umumnya disebabkan oleh Jamur, lantas dari manakah jamur bisa tumbuh dan berkembang?

“Air salah satu penyebab awal dari tumbuh dan berkembangnya jamur, jika tidak segera melakukan pengeringan sehabis mobil basah terkena air. Air hujan adalah salah satu air yang memiliki kandungan mineral deposit paling besar sehingga patut di antisipasi,” ujar Guntar Wicaksono, Head Marketing Meguiars.

Ditekankannya jika saja air segera dilap dan tidak dibiarkan mengering dengan sendirinya, maka tidak akan terjadi pengendapan. Kaca secara kasat mata tidak terlihat memiliki pori-pori, namun kerak dari mineral deposit yang tertinggal dan terbakar oleh matahari, akan menyusup kedalam pori-pori dan akan sulit untuk dihilangkan.

Lantas sebaiknya air apa yang paling baik digunakan untuk keperluan mencuci mobil? Apakah air PAM atau air tanah? Disebutkan oleh Guntar, pada dasarnya hampir tidak ada beda antara kedua pilihan air tersebut, sejauh treatment yang dilakukan tepat.

“Air PAM ataupun air tanah pada dasarnya sama, yang penting sesaat setelah membasuh mobil dengan sabun segera bilas dengan air dan segera dikeringkan. Jika saja tidak dikeringkan dan mengering akibat sinar matahari, inilah penyebab utama timbulnya jamur,” papar Guntar kepada mobilinanews.

Namun diakui olehnya untuk air tanah tertentu memang tidak dianjurkan untuk digunakan, seperti air tanah yang telah terkontaminasi oleh air laut, karena kandungan garam dapat merusak bodi mobil. “Selain dengan segera melakukan pengeringan, bisa juga memberikan kaca dengan chemical tertentu yang tidak dapat membuat air tidak melekat pada kaca seperti daun talas,” pungkas Guntar.

Jika saja jamur sudah terlanjur menyebar sehingga membuat tampilan mobil tidak sedap dipandang mata, segera lakukan langkah perawatan yang lebih detail oleh ahlinya. Sebagai rujukan bisa membawa mobil kesayangan ke workshop Meguiars yang terletak di bilangan Radio Dalam.

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan