Menperin Saleh Husin : Industri Otomotif Sumbang Investasi Luar Biasa

Senin, 14/03/2016 14:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Industri otomotif Nasional menjadi salah satu penyumbang angka investasi besar bagi perekonomian di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Hal tersebut dinyatakan dengan tegas oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Saleh Husin di acara mobilinanews Awards "KARYA INDONESIA HEBAT" yang sekaligus menjadi perayaan satu tahun kehadiran mobilinanews.com sebagai media otomotif online.

"Memang betul untuk investasi di industri otomotif sangat luar biasa selama beberapa tahun ini, khususnya saat saya menjabat menjadi Menteri Perindustrian," sebut Menperin Saleh Husin di Balai Sarwono, Jakarta, Jum`at (11/03).

Beberapa merek otomotif yang sudah merealisasikan investasinya disebutkan secara jelas oleh Saleh Husin berikut dengan besaran investasi yang ditanamkan.

"Kalau boleh saya sebutkan, Toyota yang punya komitmen di 2015 sampai 2019 angka investasinya mencapai 20 triliun rupiah. 5 triliun rupiah pertama direalisasikan untuk beberapa produk barunya dan pabrik mesin yang beberapa waktu lalu saya resmikan. Mitsubishi juga sedang membangun pabrik dengan investasi senilai 6 triliun rupiah," beber Saleh Husin di hadapan tamu undangan mobilinanews Awards 2016.

Beberapa merek lainnya juga disebutkan memiliki investasi yang juga tidak kalah besarnya, seperti investasi 3 triliun rupiah Isuzu untuk pengembangan model kendaraan komersial dan Suzuki yang tahun lalu menanamkan investasi baru sebesar kurang lebih 12 triliun rupiah untuk membangun pabrik modern barunya di kawasan industri Karawang.

"Tak kalah menarik adalah investasi dari Republik Rakyat Taiwan untuk mobil merek Wuling sekitar 11 triliun rupiah yang nanti tahun depan juga sudah mulai produksi dan akan meramaikan pasar otomotif Indonesia," tambahnya.

Menurutnya, investasi luar biasa ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal agar industri otomotif Indonesia bisa menyaingi negara Thailand. "Itu yang kami paksakan kepada prinsipal. Thailand penduduknya cuma 67 juta tapi produksi mobilnya sudah 2,5 juta unit per tahun. Indonesia dengan 250 juta penduduk, produksinya baru kira-kira 1,2 juta. Ini yg selalu saya bilang, kita jangan mau kalah sama Thailand! Makanya kita paksa untuk menambah produksi tapi dengan tujuan ekspor," pungkas Saleh Husin. (Zie)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap