Daihatsu Produksi Sunter Kualitasnya Diakui Dunia

Rabu, 16/03/2016 23:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mungkin banyak yang sudah tahu kalau pabrikan otomotif dengan produksi terbesar di Indonesia adalah Daihatsu, bukannya Toyota sebagai pemimpin penjualan kendaraan selama puluhan tahun. Tapi tidak banyak yang tahu kalau di fasilitas Assembly Plant Daihatsu yang ada di Sunter, Jakarta, cuma butuh waktu 69 detik dalam melahirkan 1 unit kendaraan siap jalan.

Saat diajak berkeliling di dalam Sunter Assembly Plant oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mobilinanews menyaksikan secara langsung bagaimana dalam 1 line produksi, mobil-mobil Daihatsu dirakit dari awal sampai akhir hanya dalam waktu yang cukup singkat.

"Bahkan jika permintaan banyak maka waktu pengerjaan kendaraan akan dipercepat. Tahun 2012 lalu, karena permintaan produk meningkat, kami pernah mencatat waktu produksi 57 detik per unit lahir dari pabrik ini,” sebut salah satu karyawan ADM, Dian Kurniawan.

Sunter Assembly Plant (SAP) memproduksi sebanyak 300 unit kendaraan Daihatsu dan Toyota per hari. Atau dalam hitungan bulan mencapai 21.000 unit.

"Sunter Assembly Plant berdiri di atas lahan 12,7 hektare. Memang tidak sebesar lahan produksi brand-brand lain yang bisa mencapai ratusan hektar. Tetapi lahan yang sedemikian kecil ini mampu dimanfaatkan dengan baik untuk memproduksi produk berkualitas Daihatsu dan Toyota seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Gran Max, serta Luxio," jelas Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM di Sunter, Jakarta, Rabu (16/03).

Di fasilitas perakitan milik ADM ini terdapat proses produksi yang lengkap mulai dari welding, stamping, dan painting. Bahkan untuk mengakali luas lahan yang tidak teralu besar ini, Daihatsu memberlakukan sistem line produksi maju-mundur.

"Hanya pabrik dengan konsep canggih yang bisa melakukan ini," tambah Amelia Tjandra. "Bahkan setelah diaudit, kualitas mobil Daihatsu produksi SAP ini mengalahkan pabrik Daihatsu lainnya seperti di Inggris dan Turki dengan hasil audit defect per unit paling sedikit. Bahkan hasil produksi SAP masuk sebagai best quality Daihatsu global," pungkas Amelia.

Maka tidaklah mengherankan bila Daihatsu mendapatkan sebuah penghargaan "Karya Indonesia Hebat" di ulang tahun pertama mobilinanews.com sebagai produsen Otomotif Indonesia dengan angka produksi terbesar. (Zie)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik