Mazda MX5 RF Sportcar Mungil Bertampang Targa

Jum'at, 25/03/2016 01:23 WIB

mobilinanews (Jepang) - Mazda memperkenalkan Eunos Roadster di tahun 1989, sebuah mobil sport compact yang langsung ludes dibeli karena desain yang minimalis dan memiliki harga murah di kelasnya.

Sehingga tak jarang banyak kalangan menyimpulkan mobil ini sebagai roadster paling lincah, ringan dan mengandung beberapa unsur-unsur yang pernah ada dalam beberapa mobil roadster klasik seperti Triumph Spitfire, MG MGB, fiat 124 Sport Spider, Alfa Romeo Spider dan Lotus Elan.

Baca Juga: Pamerkan Mitsubishi di Mall Taman Angrek Ramai Dipadati Konsumen

Selama kemunculannya, mobil ini langsung meledak di pasar global karena aspek-aspek tersebut. Pabrikan asal Jepang itu tidak salah menerapkan pasar roadster minimalis namun memiliki harga bak low MPV. Di Amerika, Eunos Roadster dikenal dengan nama MX5.

Pada ajang New York Auto Show 2016, pabrikan berlogo M itu menampilkan sosok MX5 (Roadster kalau di pasar Jepang) yang tampil berbeda dari biasanya.

Namanya adalah MX5 RF (Retractable Fastback). Berbeda dengan MX5 biasa perbedaan terjadi pada bagian atap dimana MX-5 RF ini bergaya fastback dengan atap lipat otomatis yang tersembunyi di belakang.

Baca Juga: Ini Perbedaan Mesin New Cooper S Clubman Dan New Cooper Vlubman

Ini mirip dengan Porsche 911 Targa karena itulah saat atapnya dilipat, hanya atap bagian atasnya saja yang terbuka. Sementara dari pilar B ke belakang tetap utuh, tidak ikut terlipat. Pada bagian bagasitidak dipersulit saat atapnya dilipat karena atapnya hanya bersembunyi di balik kanopi belakang kabin.

Sayangnya, ubahan pada atap tidak diimbangi dengan perubahan peforma. Mesin Skyactiv G berkapasitas 1500 cc dan 2000 cc tidak dirubah speknya sehingga nampak seperti MX5 biasa. Untuk transmisi sendiri akan digunakan Manual 6 percepatan dan otomatis. (Teks Berto Pramadya)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!