Jelang F1 Bahrain 2016 : Rio Haryanto Diyakini Finish Dan Bisa "Kalahkan" Wehrlein

Senin, 28/03/2016 14:52 WIB

mobilinanews (Bahrain) – Bahrain, Timur Tengah adalah tempat di mana semua kejuaraan balap dunia harus digelar pada malam hari.

Ini dilakukan karena suhu udara pada malam hari lebih rendah dibandingkan siang hari yang panas.
Setelah Qatar menggelar MotoGP pada 18-20 Maret lalu, kini giliran Formula 1 juga akan menjajah Timur Tengah tapi digelar di Bahrain. Sirkuit Sakhir siap menggelar balap jet darat pada akhir pekan (1-3/04) ini.

Sirkuit sepanjang  5,4 km ini berkarakter medium speed dengan beberapa tikungan lambat yang dipadu 2 trek lurus panjang pada bagian akhir. Sebelumnya, sirkuit ini pernah memakai layout panjang 6,2 km yang dikenal lebih tricky oleh para pebalap.

Pada tahun 2015, Lewis Hamilton berhasil memenangkan perlombaan ini disusul pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen dan rekan setimnya Sebastian Vettel di posisi ketiga.

Pada tahun ini, sistem kualifikasi baru yang ditentang para pebalap kembali digunakan pada seri Bahrain di mana sistem gugur tetap diberlakukan.

Sementara, bagi pebalap Manor yaitu Rio Haryanto tempat ini merupakan tempat yang bersejarah baginya. Pasalnya,  karena pebalap Indonesia ini meraih kemenangan di sprint race GP2 pada tahun lalu bersama Campos Racing.  

Bahrain adalah venue seri perdana saat itu untuk GP tu yang menjadi supporting race  F1 yakni 18-19 April 2015.

Sayangnya, pada debut balap F1 di Australia dua minggu lalu memanglah tidak mengenakkan.Mobilnya mengalami kerusakan gearbox pada mobil MRT05 sehingga pebalap asal Solo itu tidak meneruskan perlombaan.

Berbagai persiapan sudah dilakukannya dan Rio sendiri sudah paham karakter sirkuit Sakhir. Diyakini, Rio akan siap mengalahkan Pascal Wehrlein sebagai "man to beat".

Apakah Rio bisa mengalahkan sang juara DTM 2014 itu dan bisa menyelesaikan perlombaan alias finish. Kita lihat saja pada akhir pekan ini. (Teks Berto Pramadya)

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060