MotoGP 2016 : Yamaha Jajal Tangki Baru

Minggu, 24/04/2016 08:25 WIB

mobilinanews (Jerez) - Jorge Lorenzo memegang janjinya, meski sudah teken kontrak dengan Ducati, kampiun bertahan itu terus kembangkan YZR-M1. Spaniard itu menjajal tangki dengan desain baru untuk menaklukkan problem wheelspin di sirkuit Jerez, Spanyol.

Seiring pergantian suplier ban dari Bridgestone ke Michelin, semua pabrikan peserta MotoGP didera problem roda belakang mutar di tempat alias wheelspin. Akibatnya, ban cepat aus. "Kami harus berpikir cara mengurangi wheelspin," bilang Lorenzo.

Ada tim yang memodifikasi perangkat ECU, tapi insinyur tim Movistar Yamaha mengakali tangki bahan bakar. Mereka sedikit memundurkan posisi tangki, sekaligus merendahkannya. "Cara ini membuat pembagian bobot motorku lebih ke belakang. Dan pusat gravitasinya lebih rendah," papar Lorenzo yang turut mengidekan trik ini.

Sayangnya, trik ini belum terbukti mujarab di Jerez. Lantaran kondisi lintasan licin karena cuaca. Justru Valentino Rossi yang ambil keuntungan. Doi mencetak best lap di free practice (FP) 3. "Cara ini nampaknya menjanjikan jika kondisi trek lebih baik," cetus Vale.

Hmmm... Ambil keuntungan dari kerja orang lain... (Teks : Aries Susanto; Foto : yamaha)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan