Yamaha R25 & R15 Membutuhkan Radiator Lebih Besar

Senin, 25/04/2016 18:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Memiliki motorsport berkapasitas 150 cc  keatas tentunya menggunakan radiator sebagai pendingin tambahan. Meskipun sudah tersemat namun Yamaha R Series membutuhkan radiator yang lebih besar lagi.

“Yamaha tentu sudah mendevelopt radiator OEM sesuai dengan kapasitas mesin. Radiator standar yang bentuknya kompak sudah diperhitungkan agar dapat mendinginkan mesin dengan maksimal khususnya penggunaan harian. Namun jika sering digunakan touring jarak jauh dan turun balap, bisa menggunakan radiator aftermarket sebagai pilihan,” ujar Adi T Raharjoko, Development Produk PT Anugerah Aneka Industri (AAI), produsen radiator aftermarket kepada mobilinanews.

Ditekankan oleh Adi, radiator berukuran besar dapat mengoptimalkan tekanan udara dari depan melalui kisi-kisi yang dapat mengoptimalkan suhu dingin pada mesin. Bila radiator standar mampu mendinginkan mesin 15 persen – 30 persen,  radiator berdimensi cukup lebar bisa mendinginkan hingga 45 persen.

“Dari kapasitas pendinginan standar, menggunakan radiator berukuran 355x279/130x23 pendinginan lebih optimal 15 persen lebih baik,” papar Adi yang memproduksi radiator aftermarket peruntukan Yamaha R15 dan R25.

Radiator AAI yang dikembangkan peruntukan R Series ini, bisa menjadi rujukan dikarenakan dalam proses development nya Yamaha Indonesia turut terlibat guna pemenuhan standar kualitas produk sesuai spesifikasi mesin dan teknologi mesin R Series.

Pendingin AAI yang terbagi menjadi 5 tipe pilihan produk dengan rentang harga Rp 1,8 juta – Rp 4,5 juta ini, mampu bersinergi dengan mesin R series dan dapat mendinginkan lebih optimal dengan pemasangan “plug&play” tanpa melakukan rubahan pada bagian mesin sebagai dudukan.

“Simpel langsung tinggal pasang tanpa ada modifikasi apapun. Kami memang khusus mengembangkan radiator aftermarket peruntukan Yamaha, khususnya bagi para rider yang sering turun balap,” pungkas Adi.

Ingin tahu lebih detail radiator yang telah digunakan oleh pebalap Yamaha Racing Federation Indonesia (YRFI) pada ARRC di Sirkuit Sepang, malaysia dan Sirkuit Buriram Thailand, coba langsung kontak 021- 5981309.

TERKINI
Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali F1 2024 Miami: Max Verstappen Tetap Paten, Pesona Hamilton Masih Ada Meski Melawan Pembalap Papan Bawah Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia