Preview F1 Spanyol : Susahnya Membendung Dominasi Tim Mercedes

Kamis, 12/05/2016 19:24 WIB

mobilinanews (Barcelona)- Sirkuit ini memang kebanyakan sudah dipahami bagi pebalap F1 di mana sebelumnya sudah digelar sesi tes pramusim pada Februari lalu. Jadi pada seri keempat  Formula 1 yang digelar akhir pekan (13-15/04) ini tim-tim tinggal memaksimalkan data pada sesi tes lalu untuk bisa menjadi yang terbaik di Catalunya ini.

Sirkuit yang terletak di Barcelona, Spanyol ini mempunyai panjang 4,6 km dan menjadi sirkuit pertama yang didesain oleh Hermann Tilke. Karakter trek ini adalah medium speed dengan beberapa tikungan cepat dipadu dengan beberapa tikungan patah di bagian akhir.

Untuk layout yang digunakan pada gelaran F1 berbeda dengan MotoGP karena menggunakan 16 tikungan, sedangkan pada MotoGP adalah 15 tikungan. Adanya chicane pada tikungan ke-14 dan ke-15 membuat para pebalap harus mewaspadai bagian ini agar tidak mau disalip oleh pebalap lain.
Pada gelaran tahun lalu, Mercedes berhasil menguasai trek yang dibangun pada 1991 ini melalui jasa Nico Rosberg dan Lewis Hamilton.

Mereka mendominasi balapan dan berhasil memberikan poin penuh bagi pabrikan Jerman itu. Posisi ketiga ditempati oleh Sebastian Vettel dari Ferrari dan Valtteri Bottas berada di posisi keempat dengan Williams Mercedes.

Tak ada yang bisa menggoyahkan pabrikan berjuluk "tiga bintang" ini karena Mercedes menjuarai empat seri awal. Jadi musim balap tahun ini kelihatan nampak (kembali) membosankan sama seperti dua musim sebelumnya (2014-2015).

Pada kubu Red Bull nampak ada perubahan pebalap di mana Danil Kvyat gagal mempersembahkan peforma terbaiknya bagi kubu "banteng merah" ini. Akibatnya secara mengejutkan, pebalap Rusia itu berpindah tim ke Scuderia Toro Rosso sehingga Max Verstappen ditransfer langsung ke Red Bull.  

Ini terjadi akibat Kvyat menjegal langkah Vettel di awal lomba GP Rusia yang digelar pada 1 Mei 2016 silam.

Daniil Kvyat akan melakoni Grand Prix Spanyol tahun ini bersama Carlos Sainz Jr. sebagai rekan satu timnya. Dikutip dari espn.co.uk, Helmut Marko mengatakan bahwa perpindahan Daniil Kvyat ke kubu Toro Rosso ini semata-mata untuk membantu kembali menghidupkan karirnya. Di samping itu, langkah tersebut diambil agar tidak ada pemecatan dari Red Bull Racing terhadap Daniil Kvyat.

Nah, lalu bagaimana Rio Haryanto yang membalap atas nama tim Manor Racing? Pada seri sebelumnya di Sochi, Rusia, Rio tidak finish karena ditabrak pebalap lain. Mampukah pebalap F1 pertama Indonesia ini tampil maksimal di Catalunya? Kita tunggu saja. (Teks Berto Pramadya)

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas