Tips Maksimalkan Equalizer Head Unit Mobil Anda

Senin, 16/05/2016 10:00 WIB

mobilinanews (Surabaya) - Perkembangan piranti audio mobil tahun ke tahun semakin canggih. Bahkan teknologi yang diusungnya juga tidak hanya sekadar dibilang canggih, akan tetapi juga semakin memudahkan user-nya. Khususnya, untuk Head Unit tipe doubledin after market keluaran terbaru dengan berbagai macam merek.

“Head Unit saat ini teknologinya sudah canggih-canggih. Bahkan fungsinya sudah tidak lagi sekadar sumber sinyal suara saja. Fitur-fitur multimedia juga menjadi sebuah trademark dan faktor penting dalam merebut pasar,” terang Satrio Wijaya, R&D Cello Audio.

Namun kendalanya adalah masih banyak user atau konsumen yang belum familiar dengan fitur-fitur tersebut, khususnya fitur equalizer. “Mungkin fitur-fitur teknologi multimedia Head Unit masih bisa di otak-atik sendiri dan langsung ketemu fungsinya. Tapi untuk equalizer, tentu dibutuhkan pengetahuan mengenai frekuensi suara,” Satrio menambahkan.

Menurutnya, Head Unit keluaran terbaru mempunyai 13 band setting frekuensi suara. Untuk mendapatkan kualiatas suara yang cukup mumpuni, dibutuhkan cuting frekuensi disetiap band frekuensi.

“Biasanya, mobil mempunyai keterbatasan akustik kabin sesuai jenisnya. Maka untuk itu, cuting suara tidaklah sama pada setiap jenis mobil,” jelas Satrio.

Tips paling sederhana dari Satrio kepada penggemar audio yang menginginkan kualitas suara di upgrade jauh lebih maksimal adalah dengan ukuran Sub Bass 20Hz – 60Hz, Bass Frequency 60Hz – 100HZ, Low Mid Frequency 100Hz – 500HZ, Mid Range 500Hz – 5Khz dan High Frequency 5Khz – 20Khz.  
      
"Namun kembali kepada konsep awal, tugas equalizer adalah mengembalikan suara kepada bentuk awalnya. Hanya saja telinga manusia mempunyai respon terhadap keluaran suara yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari taste pendengaran dan rasa seni orang bersangkutan," pungkasnya.

Nah, selamat mencoba..... (Teks : Rud/Foto : Rud)

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan