Kelanjutan ISSOM Sempat Menjadi Tanda Tanya, Seri 3 Berlangsung Panas

Selasa, 17/05/2016 07:59 WIB

mobilinanews (Sentul) - Jumlah seri balapan yang akan digelar dalam ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2016 yang biasanya digelar sebanyak 6 seri sempat menjadi tanda tanya bagi pebalap, tim balap maupun promotor balapan.Hal ini dikarenakan adanya rencana renovasi Sirkuit Sentul selama beberapa bulan ke depan.

Sebelumnya, di kalangan pebalap dan tim sempat beredar beberapa informasi yang berbeda. Ada yang menyebutkan hanya 3 seri, namun juga ada yang menyebutkan bahwa masih ada hingga 4 seri, bahkan ada yang menyebutkan akan tetap berlangsung hingga 6 seri seperti biasa.

Namun semua informasi tersebut masih belum dipastikan kebenarannya. Pasalnya, pihak Sirkuit Sentul, pemilik gelaran ISSOM belum juga mengeluarkan pernyataan resmi.

Ketidakpastian jumlah seri yang akan digelar menyebabkan balapan di ajang balap mobil terbesar di Indonesia ini semakin panas. Betapa tidak, jika seandainya hanya akan dilangsungkan sebanyak 3 seri, maka setiap poin yang diperoleh pada musim kali ini menjadi sangat berarti.

Pihak Penyelenggara sendiri, yakni ABM Enterprise hingga siang tadi masih menunggu keterangan resmi dari pihak pengelola.

“Pada dasarnya kami siap untuk mengelar ISSOM seperti biasa hingga 6 seri. Namun seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Sirkuit Sentul ini rencananya akan direnovasi sehingga tentu berbagai event balapan pun terpaksa ditunda. Tapi ini semua untuk kebaikan para pecinta olahraga otomotif di Indonesia kedepannya,” ujar Chief Marketing Officer ABM Enterprise, Ronny Supardi.

Akhirnya menjelang sore, kabar mengenai kelanjutan seri ISSOM disampaikan oleh CEO ABM Enterprise, Vivi montolalu, yang menyebutkan bahwa ISSOM 2016 akan dilangsungkan sebanyak 5 seri. Di mana seri 4 akan dilangsungkan pada 16 – 17 Juli dan untuk seri 5 dilangsungkan pada 30 – 31 juli.

Latar belakang diadakannya 2 seri tambahan ini dikarenakan masih adanya waktu sebelum dilakukan renovasi terhadap Sirkuit Sentul. “Dengan adanya 5 seri maka terpenuhi regulasi mengenai balapan,” ujarnya.

Sebelumnya pihak Sirkuit Sentul telah memberikan solusi, memberikan jadwal satu seri lagi sebelum puasa. Tetapi sebagian besar pembalap keberatan ISSOM diadakan menjelang puasa.

“Hari Jumat kemarin kami adakan meeting dengan para pebalap ISSOM dan mengadakan voting. Hasilnya 90% pembalap keberatan mengadakan seri empat sebelum puasa,”  ujarnya.

Seri ketiga Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2016 berlangsung dua hari yaitu sesi kualifikasi dan race (15/5). ISSOM sendiri melombakan 10 kelas, yang dua dianataranya adalah Kejuaraan Nasional. Kelas tersebut antara lain, Mercedes Benz Club Indonesia Championship, Euro 2000, Honda Jazz Speed Challenge, Super Car Championship, Indonesia Touring Car Championship, Euro 3000, Super Touring Championship 1 (2.100 – 3.500 cc), Super Tauring Championship 2 (1600 retro), Old Skool Racing, dan Indonesia Retro Race.

Sementara itu pebalap senior Haridarma Manopo mengungkapkan bahwa dirinya menerima saja apapun keputusan penyelenggara mengenai seri ISSOM.

“Siapa sih yang enggak mau sirkuit bagus dan balapan berkelas internasional datang, walaupun di lain sisi sebagai pebalap kita inginnya terus balapan. Tapi tentu kita harus melihat kepentingan yang lebih besar,” ujar Haridarma.

Penasaran, investornya siapa yaa? (Teks Budi Santen)

Ronny Supardi, renovasi sirkuit Sentul untuk kebaikan pecinta otomotif ke depan

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag