Rezeki Efek Domino, Vinales dan Iannone Start di Baris Depan

Minggu, 22/05/2016 14:00 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sepertinya perjalanan Jorge Lorenzo untuk musim 2016 sudah berakhir. JL, begitu kampiun MotoGP 2015 itu biasa disebut, hanya akan jadi pemanis di Yamaha Movistar di sisa musim. Justru dua joki yang terkena efek domino kepindahan Lorenzo ke Ducati, makin unjuk gigi. Vinales dan Iannone.

Hasil kualifikasi MotoGP Italia 2016 membuktikan itu. Valentino Rossi start di pole, disusul Maverick Vinales, di grid terakhir front row milik Andrea Iannone. Ketiganya punya keuntungan dan motivasi sendiri.

Soal nasib Lorenzo di 10 seri sisa udah ketebak. Di Mugello, Yamaha Movistar menskenariokan Lorenzo sebagai pengawal Rossi agar juara di kampung halamannya. Tak peduli Lorenzo 4 kali finish terdepan di Mugello dalam 6 tahun terakhir.

Itu terlihat setelah Lin Jarvis irit bicara saat ditanya kemungkinan Lorenzo tes Desmosedici di Valencia, akhir musim ini. "Kami belum memutuskan. Dan ia (Lorenzo, red) masih di Yamaha hingga 31 Desember," ujar Jarvis.

Rossi mempertegas itu. Ia menyatakan ini saatnya kembali juara di sirkuit dekat rumahnya itu, setelah 7 tahun absen di podium tertinggi. "Jorge dan Marc (Marquez, red) selalu tampil bagus di Mugello. Tapi, saat ini, menang di depan fans akan sangat bagus untuk poin kejuaraan. Dan, start dari pole akan sangat baik," tuturnya usai QTT.

Buat Vinales, start di grid kedua membuktikan bahwa podiumnya di Le Mans Bukan keberuntungan semata. Spaniard 21 tahun itu ingin tunjukkan pada Yamaha, layak gantikan JL. "Usai semua jelas (kontrak ditandatangani, red), beban berat terangkat dari pundakku. Saatnya aku tampil lepas," komentar Vinales.

Di sisi Iannone, The Maniac mau ingetin Ducati, bahwa dia pemegang lap record di Mugello tahun lalu. "Aku ingat, catatan waktuku masih terbaik di sini. Dan aku akan pertahankan itu. Seting motor sempurna dan aku siap," tegas Iannone.

Toh prediksinya balapan kali ini bakal ada pertarungan 5 pembalap. Rossi, Vinales, Iannone, Lorenz dan Marquez. "Pemenangnya satu di antara kami. Tapi, aku akan lebih fokus," tutup Rossi. (Teks : Aries Susanto/foto : MotoGP)

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024