MotoGP Catalunya 2016 : Pertarungan Dua Rider Spanyol Berlanjut

Jum'at, 03/06/2016 10:00 WIB

mobilinanews (Barcelona) - Pertarungan jilid kedua MotoGP Spanyol akan segera tersaji di sirkuit Catalunya, Barcelona, pada awal Juni ini. MotoGP 2016 Catalunya ini akan berlangsung pada 3-5 Juni 2016 dan dipastikan memberikan tontonan menarik, bahkan lebih menarik dari yang tersaji pada sirkuit Jerez awal April lalu.

Fokusnya masih ada pada duel joki tuan rumah, Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha vs Marc Marquez, Repsol Honda. Dua rider yang menduduk posisi pertama dan kedua di klasemen sementara tahun ini, tentu tidak akan saling mengalah demi merebut poin penuh di kandang mereka bersama.

Meski demikian, keduanya juga harus tetap waspada akan kehadiran Valentino Rossi yang siap menyodok dari belakang bila salah satu dari mereka lengah.  

Bicara sirkuit Catalunya, layout sirkuit ini dibuat berbeda dengan layout F1 yang mendapat chicane. Khusus peruntukan layout MotoGP, Catalunya memberikan kesempatan kepada pebalap untuk bisa memacu motor sekencang-kencangnya pada bagian-bagian akhir.

Pada tikungan ke-10, titik pengereman dibuat lebih panjang dan tikungan ke-13 menggunakan tikungan lama yang merupakan tikungan cepat. Artinya jika dipakai F1, layout sirkuit Catalunya memiliki panjang 4,6 km dengan 16 tikungan, sementara untuk MotoGP sedikt lebih panjang, yakni 4,7 km dengan tikungan hanya 15 titik.

Tahun lalu, "Por Fuera" alias Lorenzo berhasil menahan laju Rossi disini. Rider Yamaha dengan nomor 99 itu menjadi kampiun dengan meninggalkan Rossi dan Marc Marquez yang berjibaku dengan setingan motor yang salah di belakangnya.

Bagaimana dengan musim ini? Apakah Lorenzo mampu mengulangnya, ataukah Marquez yang bisa memanfaatkan momen, atau mungkin saja Rossi malah sukses mengangkangi dua rider tuan rumah ini? So, jangan sampai ketinggalan MotoGP Seri Spanyol di sirkuit Catalunya akhir minggu ini. (Teks : Berto/Foto : Google)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060