MotoGP Spanyol : Tragedi Salom Akibatkan Lay-Out Sirkuit Catalunya Diubah

Sabtu, 04/06/2016 09:59 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Ada indikasi tragedi yang menimpa Luis Salom karena lintasan yang memaksa pembalap melaju terlalu kencang. Alhasil, Kodomisi keamanan MotoGP memutuskan mengubah lay-out lintasan Catalunya. Lintasan ini akan dipakai untuk seri VII yang akan digelar minggu (5 Juni) ini.

Usai kecelakaan, Dorna, promotor MotoGP terus berkonsultasi dengan keluarga Luis Salom, para pembalap, tim dan komisi keselamatan. Komisi keselatan mengadakan pertemuan yang dihadiri Marc Marquez, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Bradley Smith, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Tito Rabat dan Cal Crutchlow.

Keputusannya, sesi latihan, qtt dan balap akan menggunakan lay-out yang berbeda. Yaitu lay-out yang biasa dipakai untuk gelaran Formula 1.

Salom mengalami kecelakaan di tikungan 12 sirkuit Catalunya. Untuk sirkuit motor, ini adalah tikungan terakhir. Tikungan mengarah ke kanan itu adalah tikungan cepat. Sementara, lay-out yang dipakai F1, tidak melintasi tikungan ke kanan itu.

Justru pembalap harus melambat dengan masuk tikungan sempit yang sebelumnya terdapat melewati chicane. Dengan begitu, pembalap tidak akan terlalu kencang saat keluar dari tikungan terakhir.

Sebenarnya jalur ini sudah pernah diujicoba dua tahun lalu. Karena komisi keselamatan sudah mendeteksi kemungkinan sering terjadi pembalap keluar lintasan, karena terlalu kencang. Tapi, tanggapan para pembalap negative.

Para pembalap akan mencoba lintasan baru ini saat  latihan terakhir. (Teks : Aries Susanto; Foto : crash.net)

 

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar