Ferry Zamzami, Dari Sirkuit Pelalawan Ke Gedung Dewan

Minggu, 12/06/2016 15:55 WIB

mobilinanews (Riau) - Ada banyak lika-liku kehidup van yang biasa dilalui manusia. Masing-masing punya jalan tersendiri. Siapa bisa menduga apa yang akan terjadi kemudian? Begitu juga dialami Ferry Zamzami, pria berusia 36 tahun yang lebih populer disapa Ferry Gasper.

Nama Ferry Gasper memang lebih dikenal dibanding nama aslinya Ferry Zamzami. Wajar, sebab Ferry adalah pembalap motocross dan roadrace di Riau daratan. "Awal ikut turun balap garuk tanah tahun 1996. Tahun itu juga pertama tampil road race di ajang Suzuki One Make Race di Jln Cut Nyak Dien, Pekanbaru," kenang Ferry mengingat awal jadi pembalap.

Tahun 2000 baru mulai naik motor Special Engine 125cc zaman mesin 2-tak. Enaknya naik trail membuat Ferry mulai fokus di motocross dan meninggalkan balap road race. Selanjutnya, 2002-2004 bergabung dengan Pelalawan Motor Club (PMC). Tapi 2004-2005 Ferry pindah ke tim Anto Racing Kisaran di Sumatera Utara.

"Setelah itu, tahun 2006 balik kandang membesarkan Gasper Motor Club dan terus berkarya di dunia otomotif," beber Ferry yang sering pakai nomor start favorit #6 di motornya. Berbagai kejuaraan MX diikuti, mulai dari Riau, Sumut, Jambi dan Sumsel. Berbagai model piala menghiasi koleksi trophy di lemari rumah.

Tahun 2008 Ferry mulai bergabung dengan remaja yang ditaja oleh Partai Keadilan Sejahtera. "Setelah beberapa tahun gabung pengajian disuruh menjadi calon legislatif dari PKS. Alhamdulillah tahun 2014 dapat amanah menjadi anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu, Riau," ulas Ferry.

Menurutnya, pembalap bukanlah orang yang brutal dan tidak terarah. "Kami punya cita-cita yang baik untuk bangsa ini. Balapan adalah hobi kami. Dengan hobi ini kami bisa dikenal dan bisa bermasyarakat," ujar Ferry yang memang merasakan berkat balaplah namanya dikenal luas dan membuka jalan menuju Gedung Dewan.

Meski telah menjadi Anggota Dewan, hobi garuk tanah tak bisa ditinggalkan. Ibarat olahraga bagi Ferry yang menunggangi Yamaha YZ250F lansiran 2012. Kadang malah jadi promotor event MX-GTX. Hebatnya, generasi penerus mulai terlihat. Putra sulung, M Habib Rizky Azmi sejak usia 6 tahun telah berani mengendarai Kawasaki KX 65cc "Sekarang usianya 8 tahun dan sering podium di kelas crosser cilik," pungkas Ferry Gasper. (Teks & Foto: BangVe)

TERKINI
6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima 6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima Bamsoet Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway Banten, Untuk Motor dan Mobil WRC 2024 Rally Portugal: 3 Toyota Teratas, Malam Ini Kalle Rovanpera dan Sebastien Ogier Fight Berebut 18 Poin