Mudik Cerdas Hindari Micro Sleep Dan Cerdik Pilih Barang Bawaan

Sabtu, 25/06/2016 06:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pandai-pandailah menentukan kiat dan strategi mudik lebaran, oleh karenanya trik mudik cerdas harus diterapkan agar rencana perjalanan pulang kampung lebih aman dan nyaman. Salah satu musuh utama saat melakukan perjalanan mudik adalah Micro Sleep dan harus disikapi dengan cerdas.

“Micro sleep adalah titik terlelah seorang pengemudi yang berdampak sepersekian detik mata terpejam. Hal ini akan berdampak ekstrem jika terjadi  disaat mobil sedang melaju dalam kecepatan tinggi,” ujar Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) saat memandu talk show yang digagas mobil123.com (24/6).

Ditekankan olehnya, micro sleep hanya salah satu penyakit yang harus dihindari, penyakit lainnya yang harus disikapi adalah penempatan barang yang tidak tepat. Sering kali ditemukan mobil para pemudik membawa barang bawaan yang mengunung pada bagian atas mobil, kebiasaan ini sangatlah beresiko.

“Penempatan barang bawaan mudik pada bagian atas sangatlah beresiko karena mengganggu titik berat dan tumpu kendaraan. Bagasi diatas atau roof rack pada dasarnya tidak sesuai dengan peruntukan. Mobil sudah di desain untuk penempatan barang di bagasi yang disiapkan. Keterbatasan ruang bagasi memang sudah diperhitungkan, jadi sudah selayaknya mengisi bagasi sesuai dengan kapasitasnya,” paparnya kepada mobilinanews.

Penggunaan roof rack pada dasarnya semata karena tren yang salah kaprah walaupun tidak dapat secara langsung dipersalahkan karena adanya demand. Sekiranya tetap akan mengaplikasikan bagasi tambahan, idealnya cari yang kedap air dan memilih desain yang aerodynamic sehingga tidak terjadi hambatan angin yang dapat membuat mobil tidak stabil.

“Sangat disarankan jika menggunakan roof rack, masukan semua keperluan barang bawaan dengan ditata secara rapih. Yang banyak salah kaprah, sudah pakai roof rack, tas dan koper turut dimasukan kedalamnya. Jadi pemilihan roof rack idealnya dapat berfungsi sebagai koper besar,” pungkasnya.

Masih berkeinginan menambah bagasi tambahan? Ada baiknya manfaatkan bagasi yang tersedia dengan cerdas memilih barang bawaan sesuai kebutuhannya saja. Keep on safety while mudik yaa!

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali