5 Rahasia Bugar Seketika Kala Mudik

Selasa, 28/06/2016 13:07 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Berkendara jarak jauh seperti mudik lebaran bisa sangat melelahkan karena dapat dipastikan durasi perjalanan akan lebih lama dikarenakan kemacetan yang umum terjadi saat mudik.

Bila tidak pandai-pandai mengatur stamina tubuh, maka bisa menyumbang resiko terjadinya kecelakaan karena jam tubuh yang sudah sangat lelah perlu diantisipasi dengan melakukan beberapa gerakan yang dalam seketika dapat membuat tubuh kembali bugar.

“ Daya tahan tubuh manusia maksimalnya 4 jam untuk berkendara. Bukan berarti lebih dari 4 jam tubuh tidak dapat bekerja optimal, namun kualitas stamina tubuh semakin menurun yang dapat berdampak kepada terganggunya konsentrasi. Pada dasarnya membuat bugar tubuh saat mudik terletak pada 5 titik organ yang secara seketika dapat melancarkan peredaran darah,” ujar Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant  Indonesia  kepada mobilinanews.

 Ke 5 titik rahasia yang disebutkan Sony mulai dari leher, pundak, lengan siku, pergelangan tangan, dan pinggang. Menurutnya kelima titik ini dapat memperlancar peredaran darah yang merupakan kunci bugarkan tubuh secara seketika.

“Lakukan stretching dengan menggerakan leher berputar ke kiri dan kekanan bergantian, kemudian pundak direnggangkan dengan menarik nafas yang panjang. Dilanjutkan dengan menggerakan lengan hingga pergelangan tangan, dan memutar pinggang atau bergerak maju mundur. Lakukan beberapa gerakan tersebut maksimal selama 10 menit, dijamin tubuh kembali bugar karena darah dalam tubuh sudah lancar,” papar Sony.

Ditekankan olehnya selain melakukan 5 gerakan tersebut, hal lain yang dapat dilakukan guna membuat bugar tubuh selama perjalanan mudik, dengan membuka kaca setidaknya dalam rentang waktu 2 jam sekali agar sirkulasi udara dalam kabin kembali dalam keadaan baik.

“Kadar oksigen dalam kabin akan berkurang dan kualitasnya tidak baik jika berlama-lama menggunakan AC. Salah satu timer yang bisa dilakukan dengan membeli BBM hanya per Rp 100 ribu saja, sehingga selalu ada waktu untuk berhenti mengisi bensin, yang berarti sirkulasi udara berputar dan tubuh dengan sendirinya melakukan perenggangan saat mengisi BBM,” pungkas Sony.

Tetap berkendara aman ya, tidak usah ngoyo untuk sesegera mungkin sampai tujuan loh!

TERKINI
Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Sederet Prestasinya