6 Tips Jitu Atasi Kena Macet Panjang Saat Mudik

Selasa, 05/07/2016 12:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Musim mudik tahun ini nerakanya ada Brebes Timur Exit (Brexit). Berjam-jam mobil mengular dan terpaksa parkir menjelang masuk tol dan setelahnya.

 Itu karena mayoritas penduduk di Indonesia merayakan Lebaran, ditambah dengan libur panjang setahun sekali. Wajar jika sebagian orang tak ingin menyia-nyiakan kesempatan pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga.

Berikut 6 tips agar mudik Anda sekeluarga tetap aman dan nyaman.

Bawa Makanan dan Minuman
Karena banyak sekali orang  pulang kampung dalam waktu yang bersamaan, maka bisa dipastikan jika kondisi jalanan bakalan macet parah. Apalagi jika melewati jalur utama, maka siap-siap saja menghabiskan waktu lama di jalanan. Nah biar nggak jenuh, coba saja untuk menyantap bekal makanan yang dibawa. Anda bisa menyediakan aneka camilan kesukaanmu, dengan begitu perjalanan panjang dan jauh tidak akan terasa. Selain itu jangan lupa untuk membawa minuman. Dan ingat, jangan buang sampah di pinggir jalan ya.


Nonton TV
Anda nggak mungkin kan akan terus-terusan nyemil selama perjalanan, apalagi jika  harus berkendara selama lebih dari 10 jam. Hmm bukannya sehat, malah mengundang penyakit. Sebaiknya selingi dengan hiburan lain seperti nonton tv. Saat ini banyak kok jasa yang menyediakan fasilitas TV online, bisa berlangganan dan menggunakan gadget seperti laptop dan semacamnya untuk nonton.  Jadi Anda nggak sampai melewatkan acara TV favoritmu hanya karena mudik lebaran.


Mendengarkan Musik
Memang untuk berlangganan TV masih harus mengurus ini dan itu. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa mengandalkan gadget seadanya. Misalnya saja mobil yang digunakan dilengkapi dengan media player, gunakan saja untuk memutar musik sepanjang perjalanan. Selain untuk hiburan, cara itu juga ampuh untuk mengusir rasa ngantuk. Jika tidak ada juga, masih bisa mengandalkan smartphonemu. Sebelum berangkat, siapkan playlist lagu favorit, dengan begitu perjalanan mudikmu akan seru meski terjebak dengan kemacetan.


Periksa Kondisi Mesin
Ini penting dilakukan, meski dalam keadaan sudah berangkat, bukan berarti kendaraan yang kamu gunakan tidak akan mengalami masalah. Kendaraan yang kena macet lebih rentan mengalami masalah terutama pada bagian mesinnya daripada yang melaju dengan lancar. Ini karena mesin kendaraan hanya mengandalkan pendingin dari kipas mobil saat macet, sedangkan saat melaju ada angin yang masuk dari arah depan mobil. Mesin yang panas, akan menyebabkan masalah seperti mogok dan sebagainya. Manfaatkan kemacetan untuk memeriksa kendaraan, jika terlihat ada masalah, segera cari bengkel terdekat untuk mengatasinya.

Cari Jalur Alternatif

Saat terjebak macet di jalur utama, jangan buru-buru galau. Anda masih bisa menghindarinya dengan mencari jalur alternatif. Gunakan fasilitas seperti Google Maps dan semacamnya, dengan begitu bisa melaju dengan lancar dan segara sampai di tujuan.  Akan lebih baik jika mencari informasi tentang jalur alternatif jauh-jauh hari. Semakin banyak info yang Anda dapatkan maka kesempatanmu untuk menghindari kemacetan akan semakin besar.

Utamakan Keselamatan

Macet lebih cepat membuat pengendara kelelahan daripada berada di jalan raya yang lalu lintasnya lancar. Dalam keadaan lelah, jangan sekali-kali memaksakan diri, bahkan jika  dikejar waktu sekalipun.  Anda harus tahu jika banyak sekali kecelakaan saat mudik diakibatkan oleh pengendara yang lelah dan ngantuk, sehingga tidak konsentrasi saat berada di jalan. Jika memang merasa tidak kuat, maka segera cari tempat istirahat. Gunakan waktu semaksimal mungkin, kamu isa tidur atau mengisi perut. Lanjutkan jika kondisi tubuh sudah fit dan segar, hadapi lagi kemacetan dengan lancar.

Selamat menikmati mudik Lebaran ya guys... (budi santen dari berbagai sumber)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!