Tolkita Aplikasi Cari Titik Macet Yang Bisa Diandalkan

Senin, 11/07/2016 21:45 WIB

mobilinanews (Jakarta)– Menjelang Lebaran 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR)  meluncurkan aplikasi mobile Tolkita. Aplikasi ini diharapkan bisa memberikan informasi kepada masyarakat seputar kemacetan di jalan tol.

"Masalahnya, kalau mereka nggak lihat sendiri, walaupun dibilang macet ya tetap ngeyel nggak percaya," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di  Jakarta, Senin (11/7)

Melalui aplikasi itu, sebenarnya pengemudi sudah diingatkan bahwa panjang kemacetan di Brebes Timur mencapai 20 kilometer. Namun, karena banyak pengemudi yang tidak melihat sendiri, mereka merasa macet hanya tinggal 2 kilometer.

Akhirnya, pengemudi tetap menunggu di jalan tol dan tidak bergerak dari gerbang tol sebelumnya."Kalau mereka melihat sendiri baru akan percaya kalau dibilang macet," lanjut Herry.

Aplikasi Tolkita akan memudahkan pengemudi dalam mencari informasi jalan tol secara real time seperti keadaan lalu lintas jalan tol, kejadian di jalan tol, lokasi gerbang in/out alternatif, lokasi Tempat Istirahat  serta nomor kontak pelayanan jalan tol.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan video jalan yang dihasilkan dari sejumlah piranti Closed Circuit Television (CCTV). Nantinya CCTV akan diperbanyak. Untuk Lebaran kali ini memang baru terpasang di inti titik kemacetan.

Kita buka Tolkita yuk. (budi santen)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan