Tips Perawatan Kaki-Kaki Pada Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran

Selasa, 12/07/2016 22:51 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Cek kaki-kaki mobil merupakan hal yang penting untuk dilakukan pasca melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.  Hal ini untuk menghindari kerusakan lebih fatal dan merupakan deteksi awal.

Mobil yang menempuh perjalanan jauh dengan kondisi macet yang parah perlu mendapat perawatan. Hal ini karena komponen mobil melakukan kerja ekstra keras dalam perjalanan.

Ada kemungkinan komponen kendaraan rusak dan perlu diganti setelah digunakan dalam menempuh perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan yang bervariasi. Untuk mobil komponen terpenting yang perlu dicek adalah bagian kaki-kaki.

Cek kaki-kaki mobil sebaiknya dilakukan secara menyeluruh pada beberapa komponen, antara lain per, ban, rem, dan shockbreker. Komponen-komponen ini yang bekerja paling berat dan perlu diperhatikan. Jika dalam pemeriksaan ada masalah sebaiknya komponen ini diganti.

Jika per dan shockbreker mengalami masalah, kerusakan suspensi akan terjadi sehingga merembet pada ban karena pada kondisi jalan tertentu ban akan mengenai bagian dalam sepatbor dan membuat keduanya mengalami kerusakan.

Meski tidak terkait langsung dengan per dan shockbreker, rem juga perlu diperhatikan. Apalagi pada mobil matic yang hanya mengandalkan rem untuk mengurangi laju kendaraan.

 Perjalanan jauh dan macet tentunya menguras kanvas rem dan membuat setelan rem tidak maksimal sehingga perlu penggantian kanvas jika dibutuhkan atau penyetelan ulang.

Dengan cek kaki-kaki mobil pasca perjalanan mudik Lebaran, tentunya akan membuat kondisi kendaraan Anda kembali fit untuk dipakai aktifitas sehari-hari.

Anyway, cek kaki-kaki ini bisa dilakukan sendiri atau datang ke bengkel langganan Anda. (budi santen, dari berbagai sumber)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo