Mau Motor Irit dan Nyaman? Baca Takometer

Selasa, 19/07/2016 12:37 WIB

Mobilinanews - Dari semua petunjuk di panel indikator motor, indikator rpm adalah yang paling dicuekin. Padahal, kata Hamzah, pebengkel HM Motor, petunjuk putaran mesin per menit paling penting.

"Petunjuk rpm penting untuk dapatkan tenaga maksimal motor. Kalau buat harian, penting untuk efisiensi bahan bakar dan kesehatan mesin," bilang Bapak yang pernah menjadi kepala mekanik tim balap motor Yamaha Indonesia itu.

Apesnya, kini takometer malah makin jarang ditemui di motor yang marak dipakai di Indonesia. Pengamatan motorinanews, takometer hanya ada di motor tipe sport alias batangan. "Padahal tipe bebek dan matic pun akan lebih bagus kalau dilengkapi takometer," cetus mekanik yang mangkal di kawasan.Pintu II, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur itu.

Dijelaskan oleh Hamzah, takometer bisa membantu kita mengirit bensin. Dengan takometer, kita bisa tau pada rpm berapa harus pindah gigi. Kalau pindah gigi saat mesin sudah terlalu tinggi, jadi boros bensin. Mesin juga jadi cepat rusak.karena berkitir terlalu kencang alias over-rev.

"Tapi, jika pindah gigi saat rpm masih terlalu rendah, jalannya motor jadi ndut-ndutan. Juga bikin boros dan cepat merusak komponen motor," tukas pria bertubuh subur itu.

Masih kata Hamzah, sebenarnya motor skuter matic akan lebih enak jika dilengkapi takometer. "Meski perpindahan gigi sudah dilakukan sendiri oleh mesin, kalau ada takometer, kita bisa tau cara pemakaian yang pas agar motor irit," bilangnya.

Yap, cara riding motor matic yang cepat betot gas saat akselerasi itu bikin boros. Makanya, kalau ada takometer, kita jadi tau gimana cara memuntir selongsong gas dengan irama yang halus, agar putaran mesin tidak mendadak naik.

"Kalau pakai matic Yamaha kayak Mio M3, rider masih terbantu dengan lampu indikator eco. Indikator ini dikaitkan dengan putaran mesin per menit. Kalau kita bisa menjaga irama gas agar indikator eco terus menyala, konsumsi bahan bakar motor akan sangat irit. Ini sama saja dengan riding berpatokan pada takometer di motor.sport," tutup Hamzah.

Tuh, kan... Takometer sangat penting. So, kalau kuda besi Brader sudah pakai takometer, rawat dan manfaatkan. Kalau tidak ada, ngga ada salahnya dipasangkan. Lebih bermanfaat dari modifikasi lain.

(Teks : Aries Susanto; Foto : istimewa)

Keyword : tips-dan-trik

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!