Ini Cara Naik Motor Saat Hujan

Jum'at, 22/07/2016 16:24 WIB

mobilinanews (Jakarta)- Kalau urusan mendesak, biker ngga boleh kalah sama cuaca hujan. Tapi, biar ngga cilaka, kudu ikutin aturan. Karena kondisi motor dan jalanan sudah tidak ideal.

Kondisi tidak ideal mewajibkan kita tidak pol-polan ngegeber motor seperti saat jalan kering. Utamanya karena cengkraman ban ke aspal berkurang banyak. "Grip ban standar saat hujan atau jalan becek cuma tinggal 50%," pasti Dodiyanto, dari bagian pengembangan pabrikan ban PT. Gajah Tunggal Tbk.

Untuk itu, Dodi melarang biker nekad terjang genangan air dengan kecepatan normal saat jalan kering. Selain kita ngga tau kalau ada lubang di genangan itu, "Karena ada efek aqua-planing, ban mengambang di air. Saran saya, kurangi kecepatan hingga 50% dari kebiasaan," jelas karyawan pabrikan yang memproduksi ban merk IRC itu.

Ketidakidealan ini juga menuntut biker lebih akrab dengan rem. Meski tidak sedang harus mengurangi kecepatan, kita harus tetap menekan atau memijak handel dan pedal rem. Alasannya, menurut M. Fadli, membantu mengeringkan cakram yang pasti kena cipratan air. "Juga supaya kampas dan piringan rem tetap di panas yang sama. Jadi, saat perlu mengerem, tetap pakem," saran pebalap yang kini jadi instruktur rider-rider Honda itu.

Berkaitan dengan kepakeman rem saat menerobos hujan, biker juga haram nempel kendaraan di depan terlalu dekat. Ikuti aturan sederhana ini, dijamin Brader dan.Sister akan aman bermotor meski di kondisi hujan. (Aries Susanto)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh