Sirkuit Kandi Sawahlunto Kebanggaan Kota Tambang Batubara

Rabu, 27/07/2016 17:16 WIB

mobilinanews (Padang) - Barangkali tak banyak yang tahu dan mengenal sirkuit Kandi di Sawahlunto. Padahal inilah satu-satunya sirkuit permanen yang dimiliki Sumatera Barat saat ini yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Sirkuit indah yang terletak di perbukitan tambang batubara ini sekarang menjadi salah satu kebanggaan dan ikon kota Sawahlunto.

Sawahlunto adalah kota tua yang dideklarasikan tahun 1888. Jarak dari kota Padang sekitar 104 km timur laut. Meski luas kotanya 273,45 km persegi dan terdiri dari 4 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 600 ribu jiwa, namun memiliki objek wisata unik dan tak dimiliki kota lain. Tak salah bila masuk dalam daftar kota tua terbaik di Indonesia.

Ada 3 danau yang terbentuk dari bekas galian penambangan batubara di resort Wisata Kandi, yaitu Danau Kandi, Danau Tanah Hitam dan Danau Tandikek. Di komplek Taman Wisata Kandi inilah sebuah sirkuit indah dan terpencil dari keramaian berada.

Karakter sirkuit cukup menantang. Punya panjang lintasan sekitar 1200 meter. Termasuk kategori sirkuit high speed dengan trek lurus sepanjang 390 meter. Tikungan bisa dilalui dengan gaya rolling speed. Cocok buat manuver pebalap berani. Namun, ke depan perlu pembenahan seperti lebar trek, pengaspalan ulang karena ada permukaan bumpy dan tambahan fasilitas paddock serta toilet.

Kini, raungan suara dari knalpot motor balap kembali akan bergema di sirkuit Kandi Sawahlunto. Tepatnya Minggu, 30 Juli 2016. SMO.com selaku Klub Penyelenggara siap menghajat event "SKS SMO.com Open Road Race Championship 2016".

Bagi racer yang bakal tampil dan ikut serta, tersedia 13 kelas perlombaan yang bisa diikuti. Mulai dari kelas sesuai Kejurnas, dari MP1 sampai MP6. Lalu Matic 125cc standar terbuka, Matic 115cc standar pemula terbuka, Bebek 125cc 2 langkah standar terbuka dan Sport standar 150cc terbuka.

Sementara untuk kategori Pemula Lokal Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Solok dan Tanahdatar bisa main di kelas Bebek 125cc 4 langkah dan Matic 125cc 4 langkah. Sedangkan buat kategori Pemula Non Juara bisa turun di kelas Bebek 125cc 4 langkah dan Matic 115cc.

Hadiah utama satu unit sepeda motor untuk poin kelas Bebek 125cc 4 langkah standar terbuka alias MP6, digabung dengan poin Bebek 125cc 2 langkah standar terbuka dan Sport standar 150cc terbuka.

Masih ada hadiah uang tunai Rp.3,5 juta bagi Pemula yang main di kelas Bebek 110cc 4 langkah pemula terbuka (MP3), Bebek 125cc 4 langkah pemula terbuka (MP4), dan Matic 115cc standar pemula terbuka. (BangVe)

 

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Dua Kali Naik Podium, Dypo Fitra Memimpin Klasemen 2024 TCR Asia Series - Cup Drivers Classification Benny Santoso Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia Series 2024, Piala Pertama Balapan International Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas