Honda All New CBR250RR : Peluang Duluan Produksi Komponen.After-Marketnya

Rabu, 03/08/2016 07:44 WIB

Mobilinanews (Jakarta) - Inilah saatnya kita bangga pada industri otomotif Tanah Air. Sekaligus, biker Indonesia ambil keuntungan dengan dipilihnya negara kita sebagai basis produksi CBR250RR. Kita bisa duluan bikin komponen after-marketnya.

Sedikit melongok ke belakang, 10 tahun lalu, biker Nusantara masih harus intip-intip Thailand atau Malaysia untuk tau motor baru apa yang akan nongol di Indonesia. Ya, sampai era 2000-an awal, nyaris semua motor baru dari pabrikan Jepang diproduksi di Negeri.Gajah Putih dan Jiran.

"CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang. Desainnya kolabirasi insinyur Indonesia dan Jepang. Produksi di Indonesia untuk pasar Asia," jelas Presiden AHM, Johannes Loman, saat launching (25/07).

Keuntungan pertama yang bisa kita cicipi jelas tau lebih dulu bentuk asli motor berkonsep 'motor supersport kelas ringan' itu. "CBR250RR akan mulai dijual akhir tahun ini, pertama di Indonesia. Baru negara-negara Asia Tenggara dan Asia lainnya," jelas Loman lagi.

Malah PT. Astra Honda Motor (AHM) sudah membuka pemesanan untuk.CBR250RR yang akan nongol di 135 showroom diler eksklusif Honda, Oktober nanti. Padahal, negara Asia lain, baru akan menikmati motor 2 silinder segaris 250cc itu, awal 2017.

Selain itu, "Buat kita, ini peluang lebih dulu mengembangkan CBR250RR. Nggak kayak dulu. Awalnya, selalu beli part after-market dari Thailand atau Malaysia," bilang Tommy Huang, dari rumah modifikasi Bintang Racing Team (BRT). Tommy dan timnya tertarik mengembangkan ECU dan sistem knalpot CBR250RR.

Sebagai info, pemilihan Indonesia sebagai basis produksi CBR250RR untuk pasar Asia agar mengecilkan ongkos produksinya. Lagipula, pajak untuk motor di bawah 250cc di sini masih murah.

Sebenarnya, CBR250RR juga menarik minat biker Eropa dan Amerika. Tapi, untuk pasar 'bule', anak teranyar dari keluarga CBR ini akan dibekali dapur pacu lebih gendut, 300cc. Ini mirip strategi yang dipakai Yamaha dan Kawasaki. Si Biru dan si Ijo menurunkan R3 dan Ninja 300R untuk Eropa dan Amerika.

(Teks : Aries Susanto; Foto : Autoevolution)

TERKINI
Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Kualitas dan Penjualan Ngejreng, GAC Aion Jadi Mobil Listrik Terbaik di Dunia Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan