Test Drive LCGC Daihatsu: Dual VVT-i Sigra Ampuh Dongrak Performa Mesin

Selasa, 16/08/2016 16:37 WIB

mobilinanews (Sentul) - Dalam media test drive Daihatsu Sigra ke perbukitan Gunung Pancar, Sentul, Jawa Barat (16/8) penerapan Dual VVT-i pertama di sebuah LCGC (Low Cost Green Car) terbukti ampuh mendongrak performa mesin 1200 cc.

Berangkat menuju Sentul dari BSD City, dilintasan panjang tol Jagorawi, akselerasi atas khususnya dengan rpm diatas 2500, Sigra terasa bertenaga dan stabil, begitupun saat memasuki area perbukitan Gunung Pancar dengan kontur jalan yang menanjak. Namun untuk kondisi jalan ini ada sedikit dan catatan guna mengakali LGCG 7-seater ini menghasilkan tenaga yang optimal.

Baca juga: daihatsu-nikmatnya-tidur-di-kursi-belakang-sigra/" target="_blank">Test Drive LCGC Daihatsu: Nikmatnya Tidur Di Kursi Belakang Sigra

Menggunakan transmisi manual, dengan posisi menanjak yang sedikit ekstrem, mobilinanews mencoba gaspol dengan jarak pendek dan hasilnya tenaga yang dihasilkan kurang optimal, namun tetap tidak terdengar suara menggerung dari balik kap mesin.

Lain halnya ketika saya mencoba mendaki jalan menanjak dengan menjaga jarak yang pas serta menjaga rpm di 2000. Dengan cara inilah didapati performa dari penerapan Dual VVT-i yang ampuh mendongkrak performa mesin. Berdasarkan perbadingan impresi dari rekan jurnalis lainnya, begitulah adanya karakter mesin dengan besaram cc di bawah 1300.

"Untuk sebuah LCGC, Daihatsu Sigra bisa dikatakan diatas rata-rata, terlebih jika dibandingkan dengan kompetitornya. Bila ingin mendapatkan performa yang lebih wahid, tentunya segera beralih ke Xenia," bisik salah satu rekan jurnalis yang turut mengikuti test drive bersama mobilinanews.

Overall, Daihatsu Sigra yang telah terpesan sebanyak 3000 unit sejak pertama kali diluncurkan (2/8) sangat kredibel dan layak dijadikan pilihan bagi anda yang masih berhitung dengan keadaan keuangan yang belum berlebih.

Masih ada beberapa spesifikasi keunggulan yang diklaim PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang telah dirasakan langsung oleh mobilinanews. Bagaimana dengan versi matiknya? Just wait and see...

(Aditya Oka)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi