Ban Tidak Ada Kedaluwarsa, Ini Penjelasan Arijanto Notorahardjo Dari GT Radial

Sabtu, 20/08/2016 01:09 WIB

mobilinanews (Serpong) – Banyak yang menganggap kalau sebuah ban itu memiliki masa kedaluwarsa alias batas waktu pemakaian. Ternyata itu hanya mitos yang tidak benar dan entah dari mana asalnya.

“Sebenarnya, tidak ada ban yang kedaluwarsa. Yang ada adalah menjelang usia ban tersebut 5 tahun, pihak pabrik akan melepas klaim itu ke konsumen. Itu juga lebih karena hitungan tersebut yang disapakati produsen ban seluruh  dunia mengenai batas umur ban untuk diklaim,” ujar Arijanto Notorahardjo, GM Marketing & Retail Business PT Gajah Tunggal Tbk.

Menurut  Arijanto, sebenarnya juga tidak ada masalah dengan tanggal produksi ban itu. Jika disimpan dengan baik dan benar, ban tidak memiiliki tanggal kedaluwarsa. Lalu bagaimana menyimpan ban yang benar? Menurut Arijanto, sebaiknya posisi ban rebah dan diberi alas di bawahnya.

“Jangan menyimpan ban dengan posisi seperti ban terpasang di roda. Karena dengan posisi itu, akan terjadi penekanan pada posisi bagian bawah,” terang pria ramah fans berat Barcelona FC itu.

Bicara tentang ban, menurut Arijanto, tak akan jauh-jauh membincangkan mengenai faktor keamanan dan kenyamanan pada sebuah kendaraan bermotor. Dijelaskan, bahwa bertambahnya umur ban itu tidak berhubungan dengan safety, namun dengan masalah kenyamanan.

“Semakin berumur, kekenyalan karet ban akan berkurang dan hal itu yang mempengaruhi kenyamanan dan tidak ada hubungannya dengan safety. Selama ban disimpan dengan baik, maka konstruksinya tidak akan berubah,” pungkas Arijanto.

Nah jelas kan sekarang, tidak ada istilah ban itu kedaluwarsa. (budsan)

 

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!